' Dishub Bangun Terminal Agribisnis Dekat Jakarta - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Dishub Bangun Terminal Agribisnis Dekat Jakarta

Dishub Bangun Terminal Agribisnis Dekat Jakarta

Written By Prast on Friday, September 7, 2012 | 2:30 PM

BANDUNG - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Jawa Barat Ferry Sofwan mengungkapkan pihaknya akan membangun Terminal Agribisnis di wilayah yang berdekatan dengan DKI Jakarta. Paling tidak, jaraknya tidak lebih dari 50 Kilometer.

"Terminal Agribisnis akan dibangun berdekatan dengan DKI Jakarta yakni di wilayah Timur dan Selatan,"
ujarnya kepada wartawan, Kamis (6/9). Tidak hanya itu, Terminal ini juga akan memiliki akses Jalan Tol, Jalan Raya serta Jalur Kereta Api.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah pendistribusian produk pertanian. Sebagai sarana pendukung, kata Ferry, rencananya disediakan juga jasa penjualan dan pembibitan pupuk di terminal tersebut. Selain menjual produk para penjual juga dapat membeli kebutuhan untuk produksi. "Jadi setelah truk mengangkut produk pertanian ke Terminal, maka saat pulang bisa mengangkut barang kebutuhan pertanian seperti pupuk dan bibit," ujarnya.

Selain Terminal Agribisnis, juga akan dibangun Sub Terminal Agribisnis (STA) di Kab/Kota di Jabar yang menjadi sentra produksi pertanian. Tempat ini menjadi tempat sortir produk pertanian dengan grade A, B dan C. "Akan dilakukan sortir produk pertanian di subterminal, sehingga produk yang sampai di Jakarta tidak membawa sampah karena sudah dipilah dan dipilih," ujar Ferry.

Dia menjelaskan produk pertanian yang tergolong grade A akan ditempatkan pada pasar Ekspor, dan B untuk retail modern. Sedangkan produk grade C akan dipasarkan pada pasar induk dan tradisional. Selain itu, katanya, STA juga akan mendapat dukungan akses perbankan dan jaringan internet.

Dengan adanya akses perbankan maka akan mempermudah transaksi sedangkan jaringan IT akan mempermudah pendataan sehingga pembeli tidak perlu repot. "Kami juga meminta kepada Gabungan Kelompok Kerja Petani (Gapoktan) yang ada di daerah agar berfungsi maksimal dengan manajemen produksi komoditas yang berkualitas," pungkasnya. (FER)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger