' Diserang Jutaan Tikus, Petani Terancam Gagal Panen - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Diserang Jutaan Tikus, Petani Terancam Gagal Panen

Diserang Jutaan Tikus, Petani Terancam Gagal Panen

Written By dodi on Monday, September 3, 2012 | 8:00 AM

BEKASI (LJ) – Jutaan hama tikus menyerang ladang tanaman padi milik para petani di Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Peristiwa tahunan ini, diperkirakan dapat mengancam gagal panennya ribuan hektar sawah di Kecamatan tersebut. Hingga koran ini diturunkan, belum ada upaya maksimal dari Dinas Pertanian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, untuk membantu para petani yang diprediksi mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Ketua Kelompok Tani Desa Sukarapi, Herman SR menyatakan, jutaan tikus yang menyerang areal persawahan tersebut, selalu terjadi menjelang panen. Beberapa cara untuk menghalau jutaan tikus itupun sudah sering dilalukan oleh para petani. Namun, cara tradisional untuk mengusir hama tersebut tidak maksimal.

“Para petani sudah berusaha membasmi tikus dengan cara membuat perangkap, tetapi cara itu tidak efektif untuk mengatasi serangan hama tikus. Kami sudah pasrah dengan kondisi saat ini,” tutur Herman yang didampingi Kanitserse Polsek Tambelang, Aiptu Haryono kepada LINGKAR JABAR, Minggu (2/9).

Herman menjelaskan, para petani di Kecamatan Tambelang ada upaya yang dilakukan oleh Pemkab Bekasi, agar membantu para petani untuk  mengatasi serangan jutaan hama tikus tersebut. Lanjut dia, salah satu cara yang dinilai paling efektif untuk membasmi adalah dengan membunuh tikus-tikus tersebut.

Namun, cara tersebut tidak akan berjalan jika para petani dan warga tidak saling bahu-membahu memburu hama pengerat itu. “Yang paling efektif adalah dengan memburu tikus-tikus itu, dengan bekerjasama dengan Pemkab Bekasi, untuk menyelesaikan masalah tersebut,” pintannya. TAM
 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger