' Disdukcasip Kab.Bandung Optimis Program e-KTP Rampung 100 Persen - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Disdukcasip Kab.Bandung Optimis Program e-KTP Rampung 100 Persen

Disdukcasip Kab.Bandung Optimis Program e-KTP Rampung 100 Persen

Written By dodi on Monday, September 3, 2012 | 8:00 AM

KAB.BANDUNG (LJ)-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kabupaten Bandung sejak beberapa waktu lalu melakukan penanganan langsung perekaman KTP elektronik (e-KTP) bagi para wajib KTP yang domisilinya berdekatan dengan kantor tersebut.

"Khusus untuk wajib KTP yang ada di Desa Pamekaran Soreang dan sudah memiliki surat panggilan dari kantor desanya, silahkan datang ke kantor Disdukcasip untuk dilakukan perekaman data e-KTP, jadi mereka tidak usah datang ke kantor kecamatan Soreang," ucap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kabupaten Bandung Salimin, pada Wartawan kemarin.

Menurutnya, lokasi Desa Pamekaran berdekatan langsung dengan Kantor Disdukcasip Kabupaten Bandung.Perekaman e-KTP yang dilakukan Disducasip menurut Salimin, merupakan salah satu upaya pihaknya untuk mempercepat proses perekaman yang ditargetkan harus selesai pada bulan Oktober 2012 mendatang.

Lebih lanjut Salimin mengungkapkan, target pencapaian perekaman e-KTP untuk Kabupaten Bandung sesuai dengan program Kementerian Dalam Negeri sebesar 2.281.484 jiwa, sementara wajib KTP yang ada mencapai 2.806.228 jiwa dari jumlah penduduk sebanyak 3.236.150 jiwa. "Sisa wajib KTP yang tidak masuk dalam data Kementerian Dalam Negeri, menjadi kewajiban Pemkab Bandung dalam pendanaannya,"ungkapnya.

Diakui Salimin, sejak dilakukan perekaman e-KTP April 2012 lalu, sampai Agustus 2012 telah selesai 41,46% atau 945.806 jiwa. Ia optimis sampai akhir Oktober mendatang bisa mencapai 75%. "Syukur-syukur bisa 100%, walaupun itu sangat berat, mengingat kendala yang dihadapi sangat berat, terutama jumlah peralatan yang diserahkan oleh Kemendagri sangat minim, sementara jumlah wajib KTP di Kabupaten Bandung mencapai 2 juta lebih,"akunya.

Disebutkan, jumlah peralatan yang diberikan Kemendagri ke masing-masing kantor kecamatan sebanyak 2 unit. Jumlah itu menurutnya kurang mencukupi. Upaya lain yang dilakukan untuk mengejar target perekaman, diantaranya dilakukan melalui cara jemput bola. Cara yang satu ini sudah dilakukan oleh beberapa kecamatan dengan melakukan perekaman di masing-masing kantor desa yang letaknya sangat berjauhan dengan pusat kantor kecamatan. "Alhamdulillah dengan cara ini, masyarakat tidak terbebani oleh ongkos transportasi lagi,"pungkas Salimin .

Sementara data menunjukan, Kecamatan Baleendah merupakan salah satu kecamatan yang memiliki jumlah wajib KTP di Kabupaten Bandung sebesar 160.617 orang, disusul Kecamatan Rancaekek 112.110 orang dan Kecamatan Pangalengan 104.946 orang. Sementara jumlah wajib KTP yang terkecil berada di Kecamatan Cilengkrang sebanyak 33.683 orang, KecamataRancabali 34.819 Orang dan Kecamatan Cangkuang 42.680 Orang . (UDN)


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger