' Desa Cigadog Menjadi Pilot Proyek Desa Mandiri Pangan Nasional - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Desa Cigadog Menjadi Pilot Proyek Desa Mandiri Pangan Nasional

Desa Cigadog Menjadi Pilot Proyek Desa Mandiri Pangan Nasional

Written By dodi on Wednesday, September 5, 2012 | 8:00 AM

GARUT (LJ)-Desa Cigadog kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut terpilih menjadi pilot proyek desa mandiri pangan nasional, setelah desa ini memenangi dan menjadi juara pertama lomba tingkat nasional beberapa tahun silam.

"Setelah desa Cigadog, kami berusaha megnembangkan beberapa desa lainnya seperti desa Cimaragas," jelas Kepala Badan Ketahanan Pangan  (BKP) Pemkab Garut Drs.Kuswendi ketika dihubungi LINGKAR JABAR di ruang kerjanya, Selasa (4/9). 
      
Menurut Kuswendi,ada empat faktor mewujudkan ketahanan pangan,misalnya ada jaringan irigasi antara lain irigasi desa dan tersier. Kemudian menghadirkan bibit unggul, pupuk yang berimbang dan efektif, serta didukung Sumberdaya Manusia (SDM) pertanian. 
      
“Pada prinsipnya ketahanan pangan itu , dimana desa tersebut sudah menjadi mandiri . Jika sudah menjadi desa mandiri sudah barang tentu kesejahteraan desa dan warganya akan ikut membaik,”ujarnya.  
    
Kuswendi mengemukakan,pada tahun 2009 lalu, desa Cigadog Kecamatan Cikelet mendapat bantuan sebesar Rp 100 juta melalui LKM (Lembaga Keuangan Mikro) . Dalam perjalanannya, modal tersebut berkembang menjadi Rp 400 juta dalam waktu 3 tahun. Untuk, memberikan motivasi bagi desa-desa lainnya untuk berlomba menjadi desa mandiri pangan.

Terhadap desa yang dinilai sudah berhasil, pemerintah akan memberikan reward berupa uang sebesar Rp 4 juta. Seperti halnya, yang diterima oleh desa Cimaragas, kecamatan Pangatikan. Ketika itu,pada tahun 2010 lalu, desa Cimaragas mendapat suntikan dana bantuan bergulir sebesar Rp100 juta dan sekarang dana tersebut bekembang menjadi Rp 300 juta.

“Kami ingin desa disini berkembang dan masyarakatnya sejahtera. Caranya, kita akan mengoptimalkan areal persawahan. Dan menjadikan Garut sebagai lumbung padi Jawa Barat bahkan nasional," ucapnya.(JUL/BDN)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger