' Dana Abadi Pendidikan Dikelola Lembaga BLU - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Dana Abadi Pendidikan Dikelola Lembaga BLU

Dana Abadi Pendidikan Dikelola Lembaga BLU

Written By dodi on Monday, September 24, 2012 | 7:00 AM

BOGOR - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan jajaran direksi Badan Layanan Umum (BLU) yang akan mengelola dana abadi pendidikan. Kelembagaan BLU itu nantinya menyerupai BUMN, berada di luar Kemendikbud dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meski awaknya berasal dari dua kementerian itu.

"Semua sudah disiapkan direksinya, strukturnya terpisah dan dasar hukumnya ada. Sengaja diberikan ke BLU supaya bisa diaudit," kata Nuh dalam keterangan persnya, akhir pekan kemarin. Dijelaskannya, BLU yang diberi kewenangan untuk mengelola dana abadi pendidikan berada di bawah dua kementerian.

Kementerian yang dimaksud adalah Kemendikbud yang menentukan program penggunaannya dan Kemenkeu sebagai pihak yang akan membuat laporan pertanggujawabannya. Keterlibatan dua kementerian ini, kata Nuh, sengaja dilakukan berdasarkan kajian bersama.

Kemendikbud sebagai pihak yang memiliki program pembangunan pendidikan, dan Kemenkeu yang mengucurkan dan ahli di sektor keuangan. "Pertimbangannya dipisah karena pengelola keuangannya menjadi tanggungjawab Kemenkeu, dan Kemendikbud sebagai pihak yang memiliki program," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dana abadi pendidikan pertama kali diinvestasikan mulai 2010. Sampai tahun ini jumlahnya telah mencapai Rp 10,6 triliun. Rencananya, tahun depan dana abadi akan ditambah sebesar Rp 5 triliun. Di setiap tahunnya, dana abadi pendidikan akan disisihkan sekitar satu sampai dua persen dari anggaran fungsi pendidikan.

Penggunaannya diatur sangat ketat. Yakni hanya bunga dari dana abadi pendidikan itulah yang dapat digunakan untuk tiga keperluan mendesak, seperti beasiswa S2 dan S3, rehabilitasi gedung sekolah di wilayah yang terkena bencana alam, dan penelitian berskala nasional. CPS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger