' Dadang Hidayat : “Kurikulum Merupakan Barometer Keberhasilan Pendidikan “ - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Dadang Hidayat : “Kurikulum Merupakan Barometer Keberhasilan Pendidikan “

Dadang Hidayat : “Kurikulum Merupakan Barometer Keberhasilan Pendidikan “

Written By dodi on Tuesday, September 4, 2012 | 8:00 AM


 GARUT (LJ) – Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Pemkab Garut  Dadang  Hidayat  mengatakan, penyusunan perangkat mata pelajaran (kurikulum) selayaknya dapat disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan peserta didik dan mempunyai output untuk kebutuhan lapangan kerja.

“Dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Jadi kurikulum disini, dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh,” ujarnya kepada LINGKAR JABAR, Senin (3/9) diruang kerjanya.

Komponen Kurikulum demikian Dadang,berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan yang pada dasarnya kurikulum memiliki komponen pokok dan komponen penunjang yang saling berkaitan dan berinteraksi satu sama lainnya dalam rangka mencapai tujuan tersebut. 
   
“Komponen  kurikulum  merupakan satu sistem dari berbagai komponen yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya, sebab kalau satu komponen saja tidak ada atau tidak berjalan sebagaimana mestinya,” ungkapnya.
     
Fungsi Kurikulum bagi para guru kata dia, tidak hanya berfungsi sebagai pelaksana kurikulum sesuai dengan kurikulum yang berlaku, tetapi juga sebagai pengembangna kurikulum dalam rangka pelaksanaan kurikulum tersebut. "Adapun fungsi kurikulum bagi kepala sekolah, merupakan barometer atau alat pengukur keberhasilan program pendidikan di sekolah yang dipimpinnya,"jelasnya. 

Oleh sebab itu, lanjut Dadang, para kepala sekolah dituntut untuk menguasai dan mengontrol, apakah kegiatan proses pendidikan yang dilaksanakan itu berpijak pada kurikulum yang berlaku. Sedangkan fungsi Kurikulum Bagi Pengawas (supervisor) dapat  dijadikan sebagai pedoman, patokan, atau ukuran dan menetapkan bagaimana yang memerlukan penyempurnaan atau perbaikan dalam usaha pelaksanaan kurikulum dan peningkatan mutu pendidikan.
  
“Fungsi Kurikulum bagi masyarakat melalui kurikulum sekolah yang bersangkutan, masyarakat bisa mengetahui apakah pengetahuan, sikap, dan nilaiserta keterampilan yang dibutuhkannya relevan atau tidak dengan kurikulum suatu sekolah,” ungkapnya seraya mengatakan, fungsi Kurikulum Bagi Pemakai Lulusan Instansi atau perusahaan yang memper-gunakan tenaga kerja yang baik dalam arti kuantitas dan kualitas agar dapat meningkatkan produktivitas. 
   
Dadang memaparkan,dirinya sebagai kasi kurikulum TK/SD  yang baru dilantik, akan menindak lanjuti kebijakan-kebijakan kasi yang lama, kebetulan kasi yang lama pak Haji Elon itu menjadi  Kabid atau boleh dibilang dia menjadi komandannya.
 
“ Jadi Insya Allah segala macam program yang ada di kasi kurikulum, akan saya laksanakan dan akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terutama dengan korwas yang ada di tingkat kabupaten mungin itu langkah-langkah pertama yang akan saya lakukan.terus dengan para  UPTD juga jadi berhubungan baik koordinasi dan Insya Allah komunikatif dengan mereka-mereka,” katanya. (JUL/BDN)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger