' Calon Independen Dituntut Kumpulkan 16 Ribu KTP - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Calon Independen Dituntut Kumpulkan 16 Ribu KTP

Calon Independen Dituntut Kumpulkan 16 Ribu KTP

Written By Prast on Wednesday, September 5, 2012 | 4:40 PM

CIREBON (LJ) – Calon Walikota dan Wakil Walikota Cirebon yang akan berangkat dari jalur independen sepertinya harus sudah mulai turun ke masyarakat bila bernafsu ikut manggung saat Pemilukada. Kenapa, karena calon yang berangkat dari non partai itu dituntut untuk mengumpulkan minimal 16 ribu fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) bukti dukungan bila ingin lolos.

"Itu sudah menjadi peraturan Undang-undang tentang pemilu (pemilihan umum). Bagi siapa saja yang akan mencalonkan dalam pemilihan, baik kabupaten/kota dan provinsi melalui jalur independen harus memiliki fotokopi KTP warga minimal 5 % dari jumlah penduduk," kata Emrizal Hamdani, anggota KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Kota Cirebon kepada LINGKAR JABAR, kemarin.

Setelah calon mendapatkan bukti dukungan dari masyarakat, kata dia, nantinya terlebih dulu akan dilakukan verifikasi keabsahannya oleh penyelengara pemilihan melalui tingkat panita pemungutan suara (TPS). Perhitungan itu didasarkan pada bunyi salah satu pasal di Undang Undang Nomor 12 tahun 2008.

“Penduduk Kota Cirebon saat ini tercatat 250 ribu jiwa, maka untuk aman, kandidat jalur independen harus mengumpulkan 16 ribu fotokopi KTP pendukung tersebut," ujarnya.

Ketua KPUD Kota Cirebon, Didi Nursidin mengungkapkan, terhadap KTP pendukung calon independen itu PPS akan melakukan verifikasi faktual dengan cara memastikan keakuratan domisili, sekaligus kunjungan teknik kontak langsung melalui wawancara terkait dukungan yang diberikan kepada salah satu calon.

“Kalau pendukung tidak bisa ditemui petugas PPS, maka kualitas dari dukungan diragukan. Maka tim sukses dari kandidatlah yang harus mengantar pendukung tersebut ke sekretariat PPS, alias jemput bola,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Didi menjelaskan, jika di kemudian hari ditemukan data kependudukan sama dengan yang disampaikan calon lainnya, maka KPUD Kota Cirebon akan melakukan tindakan. “Nanti akan kita hitung kembali berapa sisanya di luar dukungan ganda. Apakah sudah sesuai persyaratan atau tidak," tegasnya.

Ia menambahkan, dukungan tanda tangan dan fotokopi KTP terhadap mereka akan diverifikasi ulang kepada pemiliknya.
 
KPU juga akan memberikan waktu perbaikan kepada bakal calon wali kota, bila selama masa verifikasi terdapat kekurangan. NAN/AGS (C.12)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger