' Bupati Himbau Bidan Belajar ke Paraji - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Bupati Himbau Bidan Belajar ke Paraji

Bupati Himbau Bidan Belajar ke Paraji

Written By dodi on Tuesday, September 25, 2012 | 7:00 AM


KAB PURWAKARTA (LJ)- Bidan merupakan profesi yang mulia dalam menjalankan tugasnya, karena membantu dan melayani para ibu hamil yang akan melahirkan dengan iklas dan tanpa pamrih. Begitu pula seorang paraji (dukun beranak), memiliki tugas yang sama dengan para bidan, menjalankan tugasnya jarang meminta bayaran.

“Bidan dan paraji, memiliki profesi yang sama dalam menjalankan tugasnya tanpa berorientasi pada bayaran. Karenanya bidan dan paraji merupakan profesi yang mulia, “ terang Bupati Purwakarta, H. Dedi Mulyadi, disela wisuda 123 mahasiswa Akademi Kebidanan Bhakti Asih Purwakarta di salah satu hotel di kawasan BIC Purwakarta, belum lama ini.

Dedi mengatakan, dalam menjalankan tugasnya melayani masyarakat, bidan harus banyak belajar kepada paraji. Tidak hanya itu, negarapun harus mampu melayani masyarakat dalam pendidikan kebidanan yang akan melayani ibu melahirkan. Karena setiap anak yang lahir merupakan salah satu calon generasi penerus bangsa.

Para wisudawan kebidanan, sambung Dedi, diharapkan mampu memberikan kontribusi yang baik dalam melayani masyarakat. Selain itu, para pimpinan rumah sakit dan puskesmas bisa menerima kehadiran para wisudawan dan bidan dalam upaya mengabdikan dirinya kepada masyarakat yang tidak berorientasi pada bayaran.

Sementara, dr. Harni Kusno, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Pusat menjelaskan, menjadi bidan harus bisa komunikatif dengan masyarakat yang berada di daerah tempat ia bertugas. Karena profesi bidan, berhubungan langsung dengan masyarakat.

 "Makanya, para wisudawan harus mengabdikan dirinya sepenuh hati bila nanti sudah bertugas," paparnya.

Menjadi bidan harus sesuai dengan hati nurani, lanjut Harni, selain itu bidan juga harus mempunyai soft skill dan hard skill. Bidan juga harus menjadi seorang komunikator yang baik, karena bidan merupakan profesi yang langsung berhubungan dalam melayani masyarakat, terutama ibu yang melahirkan serta upaya mensejahterakan masyarakat.

Pada wisudawan 123 mahasiswa Akademi Kebidanan Bhakti Asih Purwakarta tahun ajaran 2011/2012 tersebut, selain Bupati Purwakarta dan ketua IBI Pusat, juga dihadiri oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta dan dihadiri oleh para orang tua mahasiswa. YAS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger