' BPLH Kota Bogor Lakukan Tes Laboratorium sungai Cisadane - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » BPLH Kota Bogor Lakukan Tes Laboratorium sungai Cisadane

BPLH Kota Bogor Lakukan Tes Laboratorium sungai Cisadane

Written By Prast on Thursday, September 6, 2012 | 10:29 PM

sungai cisadane
BOGOR (LJ) - Menanggapi tentang pencemaran air sungai Cisadane yang terjadi pada Selasa (4/9) di Kelurahan Gunung Batu Kecamatan Bogor Barat,

Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bogor pada Rabu (5/9) kemarin, mengambil sampel ikan dan air Cisadane yang diduga tercemar untuk dilakukan tes Laboratorium guna memastikan apa yang menjadi penyebab matinya ikan di sungai cisadane.

Kasus yang menghebohkan warga kelurahan Gunung Batu, kecamatan Bogor Barat, Selasa (4/9) kemarin berupa kematian ribuan ekor ikan di sungai Cisadane, diakui warga disebabkan adanya oknum yang melakukan penyebaran racun disungai.

Menurut Dedi Komar (32) salah satu warga setempat menuturkan kejadian pencemaran sungai tersebut sudah dua kali terjadi, saat itu salah satu warga setempat melihat ada salah seorang warga yang tidak di kenal melakukan hal yang tidak terpuji dengan menebar racun.

Mungkin bertujuan untuk mendapatkan ikan dengan cara yang cepat, "Kejadian ini, pernah terjadi pada bulan puasa lalu. Ada seseorang warga yang tak dikenal telah mengebom sungai ini, namun warga sekitar tetap saja mencari ikan yang telah mengambang tersebut," ujarnya.

Kepala Bidang BPLH (Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup) Kota Bogor Sahlan Rasyidi, menuturkan bahwa kejadian tersebut sudah dua kali terjadi. Pertama kali terjadi pada tahun 2011 yang lalu, dan memang pencemaran sungai tersebut diindikasikan oleh tindakan seseorang yang dengan sengaja meracuni ikan yang ada di sungai cisadane tersebut, "kejadian ini sudah dua kali terjadi, kejadian yang kedua kali ini diindikasikan berkaitan dengan kejadian yang pertama. Racun yang menjadi penyebab matinya ratusan ekor ikan yang ada di sungai cisadane ini," Jelasnya.

Dia menjelaskan, banyak faktor yang menyebabkan ikan-ikan di sungai Cisadane ini mati secara tiba-tiba. selain karena racun yang di sebar dimungkinkan karena faktor turunnya volume air sungai Cisadane dan berlanjut menjadi kekeringan, serta tidak menutup kemungkinan sampah-sampah yang di buang ke dalam sungai Cisadane ini menjadi racun yang mematikan.

Ia menganjurkan kepada semua warga Gunung Batu untuk tidak mengkonsumsi ikan-ikan yang di perkirakan sudah teracuni dalam mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. "Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan sebaiknya warga untuk tidak mengkonsumsi ikan yang sudah terkontaminasi oleh racun,memang untuk saat ini tidak akan ada efek sampingnya tetapi untuk jangka waktu yang panjang kesehatan kita pasti akan terganggu," tutupnya. (AME)



  

 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger