' Awas Calo PNS Gentayangan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Awas Calo PNS Gentayangan

Awas Calo PNS Gentayangan

Written By Prast on Thursday, September 6, 2012 | 11:54 PM

ilustrasi
KAB CIREBON (LJ) – Meski di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon belum mempunyai rencana membuka pencalonan bagi pengawai negeri sipil (PNS) di tahun 2012 ini, namun masyarakat terutama untuk para pegawai honorer yang sudah masuk database dihimbau agar berhati-hati dan tidak tergiur ajakan sejumlah pihak mengaku dapat meloloskan menjadi PNS. Hal itu ditegaskan Satori, Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Cirebon.

Wakil rakyat ini mengatakan, mereka yang berhasrat menjadi PNS harus mengetahui apabila tahun ini Pemkab Cirebon belum membuka pendaftaran. Khawatir banyak calo bergentayangan yang mengaku bisa meloloskan masyarakat menjadi PNS, seperti terjadi di daerah lain.
 
“Mekanisme pengangkatan PNS dari tenaga honorer, baik kategori I maupuan kategori II di tingkat kabupaten adanya di BKPPD (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah). Saya tegaskan untuk tahun 2012 itu tidak ada. Sebagai komisi yang menangani bidang itu selalu memantau pihak eksekutif dalam masalah ini. Mereka yang melakukan pendekatan kepada para peminat PNS hanyalah oknum yang ingin memanfaatkan situasi,” paparnya kepada LINGFKAR JABAR, kemarin.

Ia mengungkapkan, pihaknya sangat menyayangkan kepada para calon PNS yang rela begitu saja menggelontorkan uangnya karena dijanjikan pihak-pihak tertentu. Para calo ini memanfaatkan kondisi psikologis mereka yang sangat berambisi ingin jadi PNS.

Namun dirinya menegaskan bahwa tahun 2012 ini tidak ada formasi untuk pengangkatan honorer menjadi PNS. “Oleh karena itu saya ingatkan kepada siapa pun yang sudah terdaftar agar tetap waspada dan tetap hati-hati, karena hal tersebut membuat rugi diri sendiri dan keluarga yang ikut menyumbang agar dirinya sukses menjadi PNS," ujarnya.

Satori juga menegaskan, pegawai honorer yang sudah masuk database untuk kategroi I dan II berkasnya masih dalam tahap pengkajian dan kini sedang dipelajari di Badan Kepegawaian Nasioanal (BKN) di Jakarta.

Ia mengaku tidak menampik jika menjadi PNS masih menjadi dambaan banyak orang. Sejumlah fakta menyebutkan, para peminat PNS bahkan rela mengeluarkan puluhan bahkan ratusan juta rupiah agar dapat diangkat menjadi PNS.

Informasi tentang adanya pengangkatan PNS sering dimanfaatkan segelintir orang untuk mengail di air keruh. Orang-orang seperti itu biasanya mengaku punya kedekatan langsung dengan pejabat yang paling berwenang dalam hal pengangkatan PNS. Bahkan tak jarang mereka mengaku dekat dengan pejabat yang ada di provinsi dan pemerintah pusat.

Seperti dialami salah seorang warga yang tinggal di daerah Cirebon Barat, berinisial NS. Ia mengaku telah memberikan uang banyak kepada salah seorang calo PNS yang menjanjikan kepadanya pengangkatan. “Dihitung-hitung sudah hampir seratus juta, tadinya saya merasa uang berapapun tak jadi masalah yang penting untuk masa depan," akunya. GYO/HEN (C.12)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger