' Atasi Kekeringan, BPBD Kab Bogor Mobilisasi Tanki Air Bersih - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Atasi Kekeringan, BPBD Kab Bogor Mobilisasi Tanki Air Bersih

Atasi Kekeringan, BPBD Kab Bogor Mobilisasi Tanki Air Bersih

Written By Prast on Wednesday, September 5, 2012 | 5:50 PM

KAB. BOGOR (LJ) - Krisis air bersih yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor, menjadi perhatian serius pemerintah daerah setempat.Sebanyak 14 mobil tanki air bersih, masing-masing berisi 5000 liter air bersih, mulai disuplai kesejumlah titik rawan.

"Suplai air bersih ini, jelas tak mencukupi untuk menutupi krisis air bersih, tapi setidaknya kami telah berbuat untuk mengurangi satu permasalahan," tegas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor,Yos Sudrajat didampingi Sekretarisnya M.Makmur RM kepada LINGKAR JABAR, Selasa (4/9) di kantornya.

Diakui Yos, sebelum krisis air bersih merebak luas, pemerintah daerah pada bulan Juni 2012 lalu, telah melakukan deteksi dini ke sejumlah titik rawan. Sebanyak 19 titik (desa) menjadi sasaran survai lapangan tim gabungan sejumlah instansi terkait.

Saat itu, suplai air bersih belum begitu banyak diminati masyarakat pada 19 desa tersebut, namun, situasi berubah drastis, saat memasuki awal bulan Agustus 2012. Seiring berkepanjangannya musim kemarau, sebanyak 15 kecamatan yang terdiri dari 85 titik mulai mengajukan permintaan suplai air bersih.

"Kami mencoba memberikan yang terbaik, berbagai upaya telah kita tempuh antaralain dengan menggandeng PDAM Tirta Kahuripan, untuk mau membantu memberikan suplai air bersih bagi masyarakat yang membutuhkan," tukasnya.

Untuk memobilisasi suplai air bersih lanjut Makmur, pihaknya meminta dukungan pengadaan mobil tanki air dari pihak lain,hasilnya dua unit mobil tanki air milik PMI disiagakan, termasuk mobil tanki milik Atang Sanjaya (ATS), satu truk milik Tagana dan 9 unit tanki milik PDAM Tirta Kahuripan.

"Jumlah ini, ternyata masih belum mencukupi untuk mengcover keseluruhan wilayah yang dilanda krisis air bersih. Kita akhirnya meminta dukungan suplai air dari PDAM Tirta Pakuan milik pemerintah kota Bogor," ujarnya. Dalam kaitan ini,lanjut dia, pihaknya juga meminta pengusaha air curah untuk ikut terlibat mengatasi masalah krisis air bersih. (BSR)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger