' Apdesi Apresiasi Sikap Tegas PWI Jabar Soal Pembentukan Koordinatoriat - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Apdesi Apresiasi Sikap Tegas PWI Jabar Soal Pembentukan Koordinatoriat

Apdesi Apresiasi Sikap Tegas PWI Jabar Soal Pembentukan Koordinatoriat

Written By dodi on Tuesday, September 4, 2012 | 8:00 AM

KAB.BOGOR (LJ) - Sikap tegas pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Jawa Barat (Jabar) yang menyatakan akan memberikan sanksi tegas kepada pengurus PWI perwakilan Kabupaten Bogor, terkait pembentukan PWI koordinatoriat disejumlah wilayah di Kabupaten Bogor, disambut antusias banyak kalangan. Salah satunya yakni H. Saprudin Jepri, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (DPC-Apdesi) Kabupaten Bogor.

Jepri, mengatakan, sangat mengapresiasi sikap PWI Jabar yang telah merespon kondisi tersebut. Karena diakuinya, sejak maraknya bermunculan oknum mengaku-aku anggota PWI di wilayah Kabupaten Bogor, khususnya di wilayah selatan Kabupaten Bogor, sejumlah pihak mengaku resah. Pasalnya, tak sedikit diantara mereka (oknum), kerap mendatangi sejumlah aparatur pemerintahan, mulai dari pemerintah desa hingga kecamatan dengan mendompleng label PWI yang berujung pada permohonan pengajuan bantuan.

“Jika orang-orangnya kredible atau memiliki kualifikasi yang mumpuni, bagi kami tak masalah. Tapi karena kami mengetahui track record mereka seperti apa, rasanya cukup normative jika kami mempertanyakan, apakah mereka ini legal atau sebaliknya,“ kata Jepri kepada LINGKAR JABAR kemarin.

Dikatakannya, keberadaan insan pers di wilayahnya selama ini sudah banyak membantu pihaknya dan masyarakat luas dalam mengakses informasi tentang kebijakan pemerintah daerah. Bukan hanya itu, lanjut dia, peran pers dalam membantu menjembatani segala bentuk aspirasi masyarakat sudah sangat dirasakan. Namun disayangkan, tak sedikit oknum yang akhirnya merusak citra pers karena kepentingan semata, tanpa berpikir dampaknya bagi pencitraan pers.

“Pers merupakan mitra bagi kami dan masyarakat luas. Hal itu pula yang menjadikan hubungan kami dengan teman-teman pers hingga saat ini sinergi. Makanya kami menginginkan dewan pers atau wadah organisasi ke wartawanan melakukan uji kompetensi wartawan. Agar tidak sembarang orang bisa dengan mudahnya menjadi jurnalis,“ pintanya.

Sementara itu, salah seorang kepala desa (kades) di Kecamatan Caringin, juga mengeluhkan kehadiran oknum-oknum yang kerap bergentayangan di wilayahnya. “Salut buat PWI Jabar, yang merespon keluhan banyak pihak tentang keberadaan mereka. Kalau perlu, tumpas sampai ke akar-akarnya, dari pada bisanya hanya meresahkan saja,“ ujar sang Kades dengan nada sinis, yang tidak mau disebut namanya dikoran ini.

Tak hanya itu, applause untuk PWI Cabang Jabar juga turut diberikan dari sejumlah praktisi pendidikan, salah satunya yakni Drs D Fariduddin Yusuf, yang juga Ketua Yayasan Darul Ulum Ciherang Pondok, Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin. Menurutnya, sikap tegas yang dilakukan PWI jabar, paling tidak menjadi bukti, pengawasan PWI terhadap keberadaan oknum pers masih sangat tinggi. “Ya, kami sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan PWI Cabang Jabar. Agar pihak-pihak terkait, khususnya kalangan pendidik lebih prefentiv lagi terhadap oknum yang kerap meresahkan itu,“ imbunya.

Seperti diberitakan, Wakil Ketua Bidang Oranisasi PWI Caban Jabar M. Safrin Zaeni bersama jajaran pengurus PWI Cabang Jabar, Kamis (30/8) lalu berkunjung ke kantor PWI Perwakilan Kabupaten Bogor di Cibinong.  Pada kesempatan itu Safrin Zaeni menegaskan, dalam PD-PRT PWI tidak ada poin atau aturan yang melandasi pembentukan Koordinatoriat Wilayah dibawah kepengurusan PWI Perwakilan Kab.Bogor.

“Untuk itu, kami meminta kepada PWI Kabupaten Bogor agar tidak melanjutkan dan segera menghentikan kegiatan pembentukan pengurus Koordinatoriat tersebut, karena didalam PD PRT PWI tidak dikenal PWI koordinatoriat dibawah PWI Perwakilan kabupaten atau Kota. Jika itu dilanjutkan,  maka itu sebuah pelanggaran,” ujarnya kepada wartawan. ASP
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger