' Antisipasi Tindak Kriminal Pemberangkatan Calhaj Gunakan Sistem Zona - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Antisipasi Tindak Kriminal Pemberangkatan Calhaj Gunakan Sistem Zona

Antisipasi Tindak Kriminal Pemberangkatan Calhaj Gunakan Sistem Zona

Written By dodi on Monday, September 17, 2012 | 8:00 AM


 KAB PURWAKARTA (LJ)– Mengantisipasi terjadinya tindak kriminalitas, seperti pencurian saat Pemberangkatan calon jemaah haji (calhaj) pada tahun 2012 atau 1433 Hijriyah, Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Purwakarta gunakan sistem zona. Hal itu dinilai lebih efektif untuk memberikan kenyamanan kepada semua calhaj yang akan berangkat.

“Pembeangkatan haji tahun ini masih sama seperti tahun lalu, yaitu dengan sistem zona. Sebab sistem ini dinilai lebih efektif,” kata Zaenal Mutaqien, Kepala Seksi Urusan haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Purwakarta kepada LINGKAR JABAR di ruang kerjanya, Jumat (16/9).

Menurutnya, melalui sistem zona para calhaj akan mertasa lebih nyaman disamping lebih dekat dengan rumahnya masing-masing. Untuk calhaj asal atau zona Kecamatan Tegalwaru jemaah KBIH Nur Safi’il Ummah, diberangkatkan di halaman kantor kecamatan. Untuk jemaah KBIH PCNU, diberangkatkan di halaman mesjid Muhlisin Tegalwaru.

Sedangkan untuk calhaj KBIH Al’Falah Plered, sambung dia, berangkat dari halaman mesjid Baiturrohim, dan calhaj jemaah KBIH Al’Huda di halaman mesjid Assalam POJ. Bagi calhaj jemaah KBIH Al’Muhajirin, di lapangan Polres Purwakarta. Untuk calhaj KBIH Arroudoh, di lapangan Kecamatan Cibatu.

Bagi calon haji jemaah Cipulus, lanjut Zaenal, berkumpul dan diberangkatkan dihalaman mesjid Al’Jihad Wanayasa. Untuk calhaj jemaah dari Ibnu Sina, Al’Hikmah dan Babakan Cikao, diberangkatkan di lapangan Armed Sadang. “Alhamdulillah dengan sistem ini para calhaj Purwakarta merasa nyaman dan aman,” katanya.

Menyingguang jumlah haji yang akan berangkat ke tanah suci Makkah, Zaenal menjelaskan, seluruhnya berjumlah 700 calhaj yang terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter), yakni kloter 22 dan kloter 23. Untuk kloter 23, lanjutnya, merupakan kloter gabungan antara Purwakarta, Bogor, Bekasi dan Ciamis.

Dari 709 calhaj Purwakarta, sambung Zaenal, 450 calhaj tergabung dalam kloter 22 dengan nomor penerbangan SV 5603 pesawat Arab Saudi Air Line, berangkat pada 28 September 2012 sekitar pukul 08.30. Sedangkan  265 calhaj yang tergabung dalam kloter 23 dengan nomor penerbangan 5607, diberangkatkan pada 29 September 2012.

Untuk kloter 23 atau kloter gabungan ini, diberangkatkan tidak melalui sistem zona tetapi dari rumahnya diantar langsung ke asrama haji Pondok Gede, untuk kemudian diantar ke Bandara Soekarno Hatta (Suta) menuju Makkah Al’Mukaromah. “Yang jelas kami akan terus mberupaya meningkatkan pelayanan bagi para calon haji Purwakarta,” tukasnya.YAS

Keterangan foto :
PENUTUPAN : Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH menutup kegiatan manasik haji dan pelepasan jemaah haji Purwakarta tahun 2012 bertempat di pendopo kabupaten, Sabtu (15/9). Nampak Bupati Dedi Mulyadi didampingi Kepala Kemenag, Ketua MUI, Kabag Kesra dan Kasi Haji Kantor Kemenag Purwakarta.YAS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger