' Antisipasi Tawuran Pelajar Disdik Luncurkan SMS Gate way - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Antisipasi Tawuran Pelajar Disdik Luncurkan SMS Gate way

Antisipasi Tawuran Pelajar Disdik Luncurkan SMS Gate way

Written By dodi on Thursday, September 27, 2012 | 7:00 AM


CIANJUR (LJ)- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cianjur meluncurkan short message service (SMS) Gate Away sebagai terobosan untuk mengantisipasi terjadinya tawuran antar pelajar di Cianjur.

"Upaya memanfaatkan kecanggihan layanan teknologi komunikasi ini kita namakan SMS Gate Away. Insya Allah, upaya ini bisa efektif untuk mengantisipasi terjadinya tawuran di Cianjur," kata Kepala Disdik Kabupaten Cianjur Endang Suhendar Rabu (26/9).

Dia mengaku tak memungkiri, kasus tawuran antarpelajar di Cianjur terbilang tinggi. Ada sedikitnya lima sekolah yang pelajarnya kerap terlibat kasus tawuran di Cianjur. "Sebetulnya kita sudah sering memberikan pendekatan ke setiap siswa dengan menggandeng guru bimbingan konseling, pengawas, maupun kepala sekolah untuk melakukan pembinaan agar tidak terlibat tawuran. Bentuk pembinaannya sendiri bervariatif, ada yang metode pendekatan keagamaan maupun pembinaan konseling," kata Endang.

Namun, lanjut Endang, upaya tersebut kadang berjalan kurang optimal. Artinya, selepas dari sekolah, terkadang siswa yang kerap terlibat tawuran tak terkontrol dalam pengawasannya.

"Tapi di saat terlibat tawuran, yang bertanggungjawab dan kerap disalahkan pada akhirnya pihak sekolah, termasuk Dinas Pendidikan. Padahal kami sudah melakukan pembinaan, baik pendekatan keagamaan maupun upaya lainnya," sebutnya.

Sementara untuk program SMS Gate Away, Badan Anggaran (Bangar) DPRD Kabupaten Cianjur sudah membahas anggarannya, dana yang akan dialokasikan sebesar Rp570 juta yang diambil dari APBD Kabupaten Cianjur perubahan 2012.

Anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Cianjur Irvan Rivano Muchtar mengatakan, alokasi anggaran untuk program SMS Gate Away sudah rampung dibahas antara DPRD bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Hasilnya diperoleh kesepakatan menganggarkan Rp570juta untuk program tersebut."Untuk realisasinya akan dialokasikan di anggaran perubahan atau sekitar bulan Oktober dan November mendatang," kata Irvan.

Menurut Irvan, SMS Gateway merupakan alat komunikasi yang dapat digunakan orang tua siswa, para guru, dan kepala sekolah. "SMS Gateway nantinya akan menjadi sarana interaktif antara orangtua siswa, guru, dan kepala sekolah untuk mengetahui keberadaan siswa apakah sedang bersekolah atau bolos. Atau setelah selesai sekolah, apakah sudah pulang ke rumah atau masih keluyuran di luar rumah," ujarnya.(AGS/RUS)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger