' Akhir Tahun 2012 Harga Elpiji 12 Kg Naik - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Akhir Tahun 2012 Harga Elpiji 12 Kg Naik

Akhir Tahun 2012 Harga Elpiji 12 Kg Naik

Written By dodi on Wednesday, September 26, 2012 | 7:00 AM

DEPOK (LJ) - Akibat mengalami kerugian sebesar Rp5 triliun pada tahun 2012. PT Pertamina (Persero) akan menaikkan harga gas elpiji isi tabung 12 kg untuk menutupi kerugian tersebut.

"Jika tidak dinaikan, maka pihak pertamina akan kehilangan angka yang sangat besar," kata Ali Mundakir Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) kepada sejumlah wartawan Selasa (25/9) saat menggelar konferensi pers Olimpiade Sains Nasional di kampus UI.

Harga elpiji kata Ali, yang dipatok sebesar Rp5.850/kg. Seharusnya harga elpiji yang disalurkan sebesar Rp9.000/kg. Harga gas elpiji juga cukup pergerakan karena selalu mengikuti perkembangam harga dunia. “Sekedar diketahui elpiji 12 kg itu tidak disubsidi oleh pemerintah,” tuturnya.

Dia menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan komunikasi dengan pemerintah mengenai kenaikan harga gas elpiji tersebut. Bahkan Pertamina menyadari bahwa kenaikan harga gas akan menimbulkan dampak bagi masyarakat. Kondisi itu juga bisa menimbulkan konflik sosial politik yang mungkin tidak diharapkan.

"Kenaikan ini bisa memicu warga yang sebelumnya menggunakan elpiji 12 kg, menjadi berpindah ke elpiji 3 kg. Padahal sasaran elpiji isi tabung 3 kg merupakan masyarakat tidak mampu sehingga harga jualnya disubsidi pemerintah," ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, jika tidak menaikkan harga elpiji berarti mengabaikan edukasi pada masyarakat. Sebab, sebenarnya pengguna elpiji isi tabung 12 kg adalah masyarakat mampu. "Tentang kenaikannya ini, akan menjadi perhatian bagi Pertamina. Dalam jangka panjang, Pertamina juga akan terus mengembangkan sumberbahan bakar lain selain minyak dan gas," imbuhnya.

Ali mengatakan, Pertamina berencana untuk memilki lembaga penelitian yang tangguh di mana orang-orang yang didalamnya focus sebagai peneliti dan tidak didesain untuk menempati jabatan structural. “Pertamina memberikan dukungan untuk cetak doktor-doktor yang bisa melakukan penelitian. Bahkan Pertamina melakukan rekrutmen tidak hanya dai tingkat mahasiswa melainkan SMA,”  ucapnya.HRS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger