' 25 Angkot Tidak Layak Dirazia Petugas - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » 25 Angkot Tidak Layak Dirazia Petugas

25 Angkot Tidak Layak Dirazia Petugas

Written By dodi on Friday, September 21, 2012 | 7:00 AM

TANGERANG (LJ) - Sedikitnya 25 angkot dan omprengan yang tidak melengkapi surat kendaraan dan kurang layak jalan, terjaring razia gabungan yang dilakukan oleh petugas Dinas perhubungan (Dishub) Kota Tangerang dibantu pihak kepolisian, kemarin.

Operasi penertiban angkutan umum ini, sebagai kegiatan rutin yang digelar setiap bulannya oleh Dishub. Razia ini dinilai efektif untuk mengendalikan kepatuhan perijinan dan kelayakan jalan angkutan umum tersebut.

Kepala Bidang Pengendalian Operasi Dinas Perhubungan Kota Tangerang Julias mengatakan, operasi penertiban tersebut dilakukan agar pemilik angkutan umum mentaati ketentuan yang sudah ditentukan.

"Penertiban angkutan umum sangat rutin dilakukan, untuk menyadarkan pemilik angkutan umum dan selalu memeriksa surat-surat kendaraannya. Selain itu, operasi inipun dilakukan untuk memberi efek jera terhadap sopir atau pemilik angkutan untuk selalu mengurus surat-surat kendaraannya," ucap Julias kepada Wartawan.

Sementara, Budi D Arif, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPPNS) Bidang Dishub Kota Tangerang, mengutarakan sedikitnya 30 petugas Dalops dibantu 5 Polisi Lalulintas Polres Metro Tangerang terjun langsung ke lapangan merazia dan menindak angkutan umum yang terbukti tidak melengkapi surat-surat kendaraannya. "Pemeriksaan dilakukan dengan sistem random atau acak, di mana umumnya pelanggaran dapat dilihat dari plat angkot," katanya

Dia menjelaskan, petugas di lapangan memeriksa masa berlaku ijin trayek angkutan umum, memeriksa masa berlaku KIR kendaraan, serta kelaikan jalan kendaraan. "Penindakan dilakukan dengan penahanan surat kendaraan dan pengandangan angkutan umum itu sendiri," imbuhnya.

Operasi penertiban, lanjut dia, berlangsung selama beberapa jam tersebut, mampu menangkap 25 pelannggaran. 21 pelanggar surat kendaraan dan 4 pelanggar kendaraan. "Bagi pelanggar surat kendaraan akan diproses di sidang tipiring, sedangkan bagi angkot yang ditahan akan dibantu mengurus surat-surat kendaraannya dan harus memperbaiki fasilitas angkotnya," katanya. ADT
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger