' 2013, Semua Kereta Api Ekonomi Dilengkapi AC - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » 2013, Semua Kereta Api Ekonomi Dilengkapi AC

2013, Semua Kereta Api Ekonomi Dilengkapi AC

Written By Prast on Thursday, September 6, 2012 | 10:55 PM

JAKARTA - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Ignasius Jonan menjanjikan, tahun depan semua Kereta Api (KA) Ekonomi akan difasilitasi dengan Air Conditioner (AC). Hal tersebut disampaikan Ignasius, saat menghadiri Press Conference Evaluasi Mudik 2012 di Kantor Masyarakat Transportasi Indonesia, Jakarta, Rabu (5/9).

Upaya peningkatan kualitas pelayanan ini dilakukan demi kenyamanan pengguna jasa transportasi KA. "Saya usahakan 1 Januari kereta penumpang jarak menengah dan jauh sudah dilengkapi pendingin ruangan, ini demi kenyamanan penumpang kereta," jelasnya.

Selain melengkapi KA jarak jauh dan menengah dengan AC, PT. KAI juga akan membenahi beberapa infrastruktur pendukung meningkatnya mutu pelayanan KA, antara lain penambahan gerbong kereta dan lintasan KA, serta pengembangan sistem boarding pass bagi penumpang.

"Kedepan kita mengusahakan agar ada penambahan 50-100 gerbong KA penumpang per tahun, juga jalur kereta api akan ditambah. Kalau sekarang yang sedang kita kembangkan itu sistem boarding pass, sehingga satu kursi hanya untuk satu penumpang dan ternyata ada hasilnya,"
kata Jonan.

Menurutnya, peningkatan infrastruktur KA sangat penting, terutama di daerah padat penduduk seperti Pulau Jawa, sebab KA masih menjadi sarana transportasi favorit bagi masyarakat, khususnya golongan menengah ke bawah.

Sementara itu, MTI menilai bahwa perbaikan sistem pelayanan angkutan Lebaran pada tahun 2012 telah diperlihatkan oleh PT. KAI yang menerapkan sistem boarding pass. Terobosan baru ini terbukti memberikan dampak lebih baik terhadap kenyamanan dan keamanan penumpang.

"Reformasi perkeretaan dengan adanya sistem boarding pass memang bukan hal baru, namun sangat baik, penumpang nyaman dan sistem percaloan hilang,"
jelas Sekjen MTI Ellen Tangkudung.

Namun, menurut Kepala Laboratoriun Universitas Indonesia ini, hangusnya sekitar 4.000 tiket KA pada mudik 2012, harus menjadi pelajaran bagi PT. KAI dalam memberikan informasi lebih awal kepada masyarakat. "Juga pembelajaran bagi publik untuk tidak percaya pada jasa calo lagi," tegasnya. (KCM)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger