' Wa Ode Latih Santri Jadi Cerpenis - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » , » Wa Ode Latih Santri Jadi Cerpenis

Wa Ode Latih Santri Jadi Cerpenis

Written By dodi on Tuesday, August 7, 2012 | 8:00 AM

KAB.CIREBON (LJ) – Sebanyak 50 santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Kampung Damai, Kecamatan Perbutulan Sumber, Kabupaten Cirebon setelah keluar dari ponpes dipastikan memiliki bakat menjadi penulis. Kenapa, karena selama dua hari, Minggu dan Senin (5-6/08), peraih penghargaan penulis muda berbakat Katulistiwa Literary Award, Wa Ode Wulan Ratna  memberikan pelatihan tentang metode ringkas menulis cerita pendek (cerpen) kepada para santri tersebut.

Kedatangan penulis yang mendapat julukan cerpenis nasional keponpes diwilayah pemasok udang dan terasi itu dalam rangka touring kebeberapa daerah seperti, Tegal Jawa Tengah, Riau, Jambi, Padang, Bali, Kendari, Surabaya, Jogyakarta, Tangerang, Jakarta dan daerah lainnya.

Menurut Wa Ode, kedatangannya ke Cirebon dan daerah lain di Indonesia untuk memberikan pengetahuan tentang cara menulis cerita terhadap pelajar maupun santri.

 “Tema yang di angkat lebih kepada isu lokal, seperti soal hutan, soal pendidikan, pariwisata bahkan di Jakarta saya justru mengangkat soal sepeda ontel, jadi tergantung daerahnya,” kata Wa Ode, kepada LINGKAR JABAR di tempat Pelatihan, Ponpes Kampung Damai, kemarin.

Wanita yang pernah bersama salah seorang artis asal Sukabumi, Hepi Salma saat membaca bareng launching buku tentang Orang gila dan Burung Murrye, Antologi Cerpen Dewan Kesenian Jakarta itupun terlihat antusias memberikan pemahaman kepada satri.
Selain itu, Wa Ode yang nemanya mulai dikenal berbagai kalangan itupun pernah mengundang beberapa negara luar untuk menyaksikan kegiatannya, namun pada kegiatan tersebut seluruh peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

“Saya sebagai pengasuh Pondok Pesantren Kampung Damai, Perbutulan Sumber, Cirebon mengucapkan banyak terimakasih atas kedatangan cerpenis nasional untuk memberikan pelatihan tentang metode ringkas menulis cerita pendek. Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini begitu antusias dan termotiviasi untuk bisa mengikuti jejak kesuksesan cerpenis nasional ini,” ungkap KH Noor Zein. GYO/HEN (C.12)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger