' SPBU Swalayan, Menguntungkan Pengusaha dan Konsumen - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » SPBU Swalayan, Menguntungkan Pengusaha dan Konsumen

SPBU Swalayan, Menguntungkan Pengusaha dan Konsumen

Written By dodi on Wednesday, August 8, 2012 | 8:00 AM

BOGOR - Manajemen PT Pertamina (persero) mempercayai keberadaan Stasiun Pengisian Bensin Umum (SPBU) swalayan membuat pengusaha 'Pom Bensin' lebih untung karena beban operasional sudah pasti berkurang, khususnya pengurangan jumlah karyawan yang memakan biaya tak sedikit. Karenanya, Pertamina akan menggeber pendiria SPBU Swalayan dalam beberapa tahun kedepan.

Menurut Vice President Communication PT Pertamina, Ali Mudhakir di kantor Pertamina Pusat, Selasa (7/8), di masa mendatang transaksi pengisian BBM di SPBU konsep Self Service ini lebih aman. Pasalnya pembelian tidak dilakukan secara tunai melainkan melalui transaksi perbankan dengan kartu kredit atau debit. "Pengusaha SPBU juga lebih diuntungkan, karena mengurangi tenaga operasional di SPBU, dan transaksi dilakukan dengan kartu kredit atau kartu debit," kata Ali.

Sebagai pilot project, Pertamina baru menempatkan SPBU Swalayan di beberapa titik antara lain Gading Serpong Tanggerang, Jalan Abdul Muis, Jalan Hasyim Ashari dan Kelapa Dua. "Untuk yang di Gading Serpong sudah berjalan setahun, responnya positif sekali dan itu di kelola oleh swasta (SPBU Dealer Owned Dealer Operated/DODO). Sedangkan tiga SPBU swalayan lainnya dikelola sendiri oleh Pertamina," ungkapnya.

Ali menambahkan, pengembangan SPBU Self Service atau Swalayan diyakini menjadi budaya baru masyarakat Indonesia. Pembeli BBM memiliki keuntungan, yakni praktis karena mengisi sendiri bahkan tidak perlu antri. "Kami berharap ini bisa menjadi culture baru, karena SPBU Swalayan ini banyak memberikan keuntungan kepada konsumen yakni praktis (isi sendiri) dan tidak perlu antri," ujar Ali.

Ia mengaku SPBU Swalayan menjadi proyek percontohan. Jumlah unit SPBU Swalayan karena membawa banyak manfaat tidak hanya kepada masyarakat, tapi juga pengusaha. Konsep ini seperti meniru yang sudah dilakukan di Malaysia. Dengan adanya sistem pengisian BBM di SPBU yang baru ini diharapkan dapat mengurangi jumlah petugas SPBU yang jumlahnya terbatas.

"Kalo untuk ngurangin petugas sih, di pom bensin kaya gini selalu kekurangan orang. Ya mungkin dengan sistem kaya gini bisa ngurangin jumlah pegawainya jadi nggak kekurangan lagi," tegas Sobandi salah seorang petugas SPBU 3410102 Jl Hasyim Ashari kemarin.

Untuk SPBU di CBD Tangerang, sudah bisa diujikan pengisian BBM untuk kendaraan mobil. Nantinya, dalam jangka panjang jika masyarakat sudah siap, maka konsumen sudah bisa mengisi sendiri hanya dibantu oleh kasir untuk mendapatkan pin atau voucher sebagai tanda untuk mengisi BBM. CPS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger