' Sidak Pasar Ciawi Tim, Temukan Makanan Mengandung Bahan Berbahaya - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Sidak Pasar Ciawi Tim, Temukan Makanan Mengandung Bahan Berbahaya

Sidak Pasar Ciawi Tim, Temukan Makanan Mengandung Bahan Berbahaya

Written By dodi on Friday, August 10, 2012 | 8:00 AM

KAB.BOGOR (LJ) - Tim gabungan dari Disperindag, Dinas Kesehatan, Dinas Peternakan dan Satpol-PP, Kabupaten Bogor, menemukan makanan yang mengandung formalin, Borak dan zat pewarna dalam inspeksi mendadak (Sidak) di pasar Ciawi. Kamis (9/8).

Bahan makanan yang mengangdung bahan berbahaya tersebut, (Formalin-red) diantaranya, ikan Cucut dan Bakso, Pacar Cina positif mengandung rodamin, sedangkan mie terigu basah mengandung Borak.

Kepala seksi Farmasi dan POM, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Yuni Pulungan, menjelaskan, setelah melakukan serangkaian pengecekan,  makanan tersebut dinyatakan positif menggandung bahan berbahaya serta tidak layak dikonsumsi masyarakat. "Makanan ini, bisa membahayakan konsumen, jadi tidak boleh beredar dipasaran," jelasnya, kepada LINGKAR JABAR, usai sidak, kemarin.

Menurut dia, apabila makanan tersebut tetap dibiarkan beredar, maka akan menimbulkan dampak negatif terhadap masayarakat yang mengkonsumsinya. "Jika dikonsumsi, makanan ini akan menimbulkan berbagai penyakit. Kami akan melakukan pembinaan dengan cara membagikan selebaran yang berisi himbauan waspada terhadap makanan berbahaya," imbuhnya.

Sementara, Kabid Perdagangan, Disperindag Kabupaten Bogor, Mamat Rahmat menegaskan, pihaknya akan melakukan pembinaan dan pemantauan terhadap para pedagang yang kedapatan menjual makanan yang mengandung bahan berbahaya tersebut. "Kami akan melakukan pemantauan, apabila para pedagang tetap menjual makanan yang mengandung bahan berbahaya, maka akan ditindak tegas," kata dia.

Mamat menghimbau, kepada para pedagang dan masyarakat, agar lebih hati-hati dalam menjual maupun membeli makanan, terlebih menjelang lebaran. Serta meminta PD Pasar Tohaga lebih serius dalam mengawasi dagangan para pedagang. "Kami minta pedagang tidak lagi menjual makanan tersebut, dan masyarakat lebih berhati-hati dalam berbelanja kebutuhan pokok," tukasnya. Lanjut dia menambahkan, selain Sidak dipasar Ciawi, tim gabungan pun mendatangi pasar Citereup dan berhasil menyita ikan busuk yang dijual pedagang. DED
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger