' Sekber Wartawan Bogor Dukung Penegakkan Syariat Islam - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Sekber Wartawan Bogor Dukung Penegakkan Syariat Islam

Sekber Wartawan Bogor Dukung Penegakkan Syariat Islam

Written By dodi on Thursday, August 16, 2012 | 8:00 AM

KAB. BOGOR (LJ) – Para Jurnalis yang tergabung dalam Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan Bogor harus turut serta mendukung penegakan syariat Islam, khususnya dalam menjalankan tugas jurnalistik. Sebab peran awak media sangat penting untuk memberitakan nilai-nilai positif dibalik penegakan moral masyarakat. Demikian dikatakan, Ketua Presidium Sekber Wartawan Bogor, H. RM. Danang Donoroso dalam sambutannya pada acara Silaturahmi dan Buka Bersama Lintas Media Cerak Harian dan Elektronik, di Cibinong, Rabu (15/8) kemarin .

“Meski  demikian, pemberitaan yang ringan-ringan dan mendidik tetap harus diprioritaskan. Dalam menjalankan fungsi jurnalistiknya dalam upaya membantu pemerintah dan masyarakat dalam menegakkan syiar Islam, wartawan perlu menjaga profesionalisme, sehingga akan melahirkan karya jurnalistik yang profesional, beretika, berwawasan, cerdas, berisi,berimbang dan tidak vulgar, “ katanya.

Menurutnya, dalam pemberantasan penyakit masyarakat (pekat), wartawan haruslah memposisikan para wanita yang terjaring razia sebagai korban yang perlu dilindungi dan diberikan pemahaman tentang norma-norma agama dan bukannya sebagai terdakwa yang harus dihakimi.

Menurut wartawan Harian Pelita itu, kaum hawa yang terjaring itu bukanlah pesakitan yang gambarnya harus di publis besar-besar di media. Sebab selain memang bandel, mereka juga korban dari kampanye iklan yang semakin hari semakin tidak memberikan perlindungan. Selain itu pengetahuan agama mereka memang masih kurang.

“Sebagai insan pers yang berfungsi sebagai pengontrol, dalam rangka mendukung pemerintah untuk menegakkan syariat Islam di Kabupaten Bogor, kita harus bekerja profesional dan menjunjung tinggi etika pers. Untuk itu,  kita para wartawan yang disini harus punya wawasan luas dan menjunjung profesionalisme,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Danang mengajak para wartawan yang tergabung dalam Sekber Wartawan Bogor, agar bisa mendidik masyarakat dengan berita yang mencerdaskan. Jangan ikut-ikutan wartawan yang tidak professional dan tidak punya etika dalam menulis berita sesuka hati tanpa memenuhi kaidah-kaidah kode etik jurnalistik

Sementara itu, anggota Presidium Sekber Wartawan Bogor, Piyarso Hadi mengatakan, tugas wartawan harian baik media cetak dan elektronik harus senantiasa menjunjung tinggi Kode Etik Wartawan Indonesia (KEWI) atau yang populer disebut Kode Etik Jurnalistik. Oleh karena itu, wartawan harus memiliki pemahaman mendalam terhadap etika pers yang berasal dari Canon of Journalism ini.

“Wartawan memiliki kode etik jurnalistik yang berfungsi sebagai kontrol sosial atau teguran dan mengingatkan. Insan pers tidak boleh menjustifikasi, beda dengan BAP (Berita Acara Pemeriksaan_red) yang memang ditujukan untuk pendalaman permasalahan yang dimaksudkan untuk penerapan pasal-pasal dalam KUHP yang dilakukan oleh seorang penyidik,” kata Pemimpin Umum Harian Lingkar Jabar tersebut. (BSR)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger