' Ribuan Pusat Kesehatan Masyarakat di Jabar Siaga Layani Pemudik - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Ribuan Pusat Kesehatan Masyarakat di Jabar Siaga Layani Pemudik

Ribuan Pusat Kesehatan Masyarakat di Jabar Siaga Layani Pemudik

Written By dodi on Monday, August 6, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Dinas Kesehatan (Disnkes) Jabar memastikan telah menyiapkan sebanyak 1.463 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di jalur mudik, khususnya di jalur utara, tengah, dan selatan, untuk melayani para pemudik yang membutuhkan pertolongan kesehatan. Belasan ribu Puskesmas itu disiapsiagakan untuk melayani pemudik pada pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2012.

"Kami menyiagakan seribu lebih puskesmas, tim medis, dan obat-obatan di jalur mudik Lebaran Jawa Barat, baik di jalur utara, tengah, maupun selatan. Ada 500 puskesmas yang buka 24 jam dan hampir 300 berada di jalur mudik," ujar Kepala Dinkes Jabar Alma Luciyati dalam keterangan persnya, akhir pekan kemarin. Menurut Alma, seluruh puskesmas, posko kesehatan, dan tim medis tersebut disiagakan untuk melayani para pemudik yang melintas di wilayah Jabar.

Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait, seperti Polda Jabar dan Dinas Perhubungan untuk mendirikan pos kesehatan bersama. "Jadi sepanjang jalur yang dilewati pemudik, ada posko bersama dan puskesmas. Kita persiapkan siapa tahu kalau ada kecelakaan yang lokasinya lebih dekat dengan puskesmas agar segera mendapat perawatan," jelasnya

Dalam kesempatan itu, Alma Luciyati menambahkan, pihaknya juga menyiapkan 130 Posko Kesehatan Terpadu di sepanjang jalur mudik. Layanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya pemudik, disiapkan selama dua pekan, yakni mulai H-7 hingga H+7 Lebaran 2012. "Untuk posko yang besar, kita bersamaan dengan Dinas Perhubungan dan Polda Jabar. Posko khusus ini berada di pinggir-pinggir jalan yang menjadi jalur arus mudik dan balik," ujar Alma.

Selain itu, kata Alma, Dinkes Jabar juga telah berkoordinasi dengan rumah sakit kota/kabupaten untuk penanganan kasus-kasus yang tidak bisa ditanggulangi oleh posko kesehatan. Misalnya, kasus kecelakaan yang memerlukan penanganan ekstra. Ditambah pula beberapa rumah sakit swasta yang bekerja esktra pada saat musim Lebaran. "Kita sudah rapat soal pelayanan kesehatan. Lokasi, petugas, dan peralatan sudah disiapkan. Jadi pemudik dan masyarakat akan terlayani baik pada aspek kesehatannya," tuturnya.

Alma pun mengimbau pemudik tidak memaksakan diri pulang kampung kalau merasa ada gangguan kesehatan. Diharapkan pemudik bisa menjaga kesehatannya untuk memberi keamanan dan kenyamanan bagi dirinya dan pengguna jalan lain. "Saya imbau kalau memang sakit, jangan dipaksakan. Minimalnya ditunda dulu. Pilihlah waktu yang tepat untuk mudik," katanya.

Menurut Alma, kecelakaan lalu lintas umumnya terjadi karena pengendara selalu memaksakan diri. Salah satunya saat sakit memaksakan mengendarai kendaraan. Padahal saat berkendara, sudah seharusnya dalam kondisi sehat. "Intinya daripada terjadi hal yang tidak diinginkan, lebih baik tunda saja agenda mudiknya. Atur lagi dari awal. Saya pikir lebih enak mudik dalam kondisi sehat dan selamat," tegasnya. CPS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger