' Retribusi Pasar Desa Merugi Belasan juta - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Retribusi Pasar Desa Merugi Belasan juta

Retribusi Pasar Desa Merugi Belasan juta

Written By dodi on Wednesday, August 29, 2012 | 8:00 AM

KAB. CIREBON, (LJ)- Budaya mudik saat hari raya Idul Fitri ternyata berdampak terhadap menurunnya pendapatan Pasar Desa Jungjang, Kecamatan Arjawinangun Kebupaten Cirebon. Kenapa, karena hampir setengah dari jumlah pedagang yang menempati kios di pasar itu dihari lebaran pulang ke kampung halamannya.

 "Memang selama musim mudik, pendapatan pasar dari retribusi para pedagang menjadi turun hingga setengahnya dibandingkan hari biasa," ungkap Kholil Abdullah, Kepala Pasar Desa Jungjang kepada LINGKAR JABAR, kemarin.

Menurut dia, kerugian dari menurunnya pendapatan pasar selama 16 hari untuk masuk kedalam PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Cirebon kurang lebih sekitar Rp 17 juta. "Bayangkan saja, dari jumlah pedagang yang mencapai sekitar 1300 dipasar ini, dihari raya sekitar 500 pedagang tidak berjualan. Makanya penurunan retribusi sangat terasa sekali," ujarnya.

Pedagang yang tak berjualan, karena masih merayakan hari raya bersama keluarganya itu, antara lain pedagang sayur mayur, ikan, tahu, tempe dan makanan ringan jenis kue.

 "Insya Allah, kekurangan atau kehilangan pendapatan ini, bisa diganti dibulan- bulan yang akan datang,” jelasnya.

Ditempat terpisah, Yuyun, pedagang daging dilokasi pasar yang libur berjualan mengatakan, para pedagang tak berjualan dari mulai H-7 hingga H+7 bukan semata-mata mudik lebaran, melainkan akses jalan menuju pasar juga dilakukan penutupan oleh pihak kepolisian.

"Sebenarnya saya dan kawan-kawan ingin sekali berjualan, namun bagaimana, akses jalan masuk menuju Pasar masih ditutup, sementara uang cadangan untuk makan sehari-hari sudah semakin menipis. Seandainya 3 hari lagi, kita tidak bisa berjualan, entahlah kita akan makan dari mana," keluhnya. (LIL)


     
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger