' Redam Konlik Internal, Musda Demokrat Jabar Setelah Lebaran - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Redam Konlik Internal, Musda Demokrat Jabar Setelah Lebaran

Redam Konlik Internal, Musda Demokrat Jabar Setelah Lebaran

Written By dodi on Tuesday, August 7, 2012 | 8:00 AM

CIMAHI - Pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) DPD Partai Demokrat Jawa Barat yang terkatung-katung selama berbulan-bulan dipastikan tak akan berlangsung lama. Musda yang akan memilih ketua DPD yang baru bakal dilaksanakan setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri. Pelaksanaan Musda Demokrat setelah Lebaran ini, dimaksudkan untuk mempercepat konsolidasi dalam menghadapi agenda Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2013 nanti dan sekaligus meredam potensi konflik internal menyusul penundaan Musda beberapa kali.

Kepada wartawan usai bertandang ke Kota Cimahi, kemarin, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum memastikan Musyawarah Daerah (Musda) DPD Partai Demokrat Jabar digelar secepatnya. Namun Anas tak mau berkomentar soal adanya potensi konflik dalam ajang Musda nanti. Pasalnya diketahui, saat ini DPD Partai Demokrat Jabar terbelah menjadi beberapa kubu, yaitu antara kubu Ketua DPD Demokrat saat ini, Iwan R Sulandjana, dengan kubu Ketua DPRD Jabar, Irfan Suryanegara.

Dari seluruh DPD Partai Demokrat se-Indonesia, tambah Anas lagi, tinggal DPD Jateng dan Jabar yang belum menggelar Musda. Rencananya, Musda DPD Partai Demokrat Jateng akan digelar lebih dulu. Setelah itu, baru Musda DPD Partai Demokrat Jabar digelar kemudian. "Insya Allah habis Lebaran agenda (Musda) Jateng dulu, baru Jabar," ucap Anas yang datang ke Cimahi bersama Sekretaris Jendral Edhi Baskoro Yudhoyono dan sejumlah petinggi DPP.

Jabar dipilih jadi yang terakhir digelarnya Musda dengan alasan tersendiri. "Mengapa (Jabar) terakhir karena ini dijadikan gong politik dari Musda-musda secara nasional dengan pertimbangan penduduk dan pemilih terbesar di Indonesia," jelasnya. Selain itu, Jabar dinilai jadi salah satu basis utama suara Demokrat di Indonesia. Sehingga dalam Pilpres dan Pileg nanti Demokrat bisa kembali mempertahankan kemenangan.

Dalam kesempatan itu, Anas juga mengemukakan DPP akan membahas dan memutuskan pasangan calon yang akan diusung pada Pilgub Jabar 2013 setelah melihat hasil survei. "Dari hasil survey, kita akan membahas dan memutuskan pasangan yang akan diusung. Kami berharap Partai Demokrat bisa membangun koalisi dengan partai sahabat dalam membangun Jabar," kata politisi muda yang kini tengah menghadapi persoalan kasus korupsi proyek pembangunan pusat olahraga nasional di Hambalang-Kabupaten Bogor itu.

Disinggung tentang sudah munculnya pasangan cagub-cawagub, Anas membantahnya. Dia tidak ingin mendahului hasil survei karena bahan pertimbangan paling pokok adalah survei tersebut. "Kami tak khawatir Jabar kekurangan tokoh. Persediannya banyak. Dipilih siapapun, dia mampu memimpin Jabar. Partai Demokrat akan memilih yang terbaik, ukurannya kapabilitas, integritas, acceptabilitas. Tetapi saya tegaskan, Partai Demokrat statusnya belum memutuskan calon," tandasnya.

Yang menarik, bakal calon gubernur (balongub) yakni Dada Rosada, terlihat hadir menyambut kedatangan Anas. Sementara, balongub lainnya tak satupun yang hadir. Terkait hal itu, Anas berkilah bahwa hal itu untuk mendorong seluruh balongub melakukan sosialisasi. "Jadi silahkan saja sebagai kader. Kalau sudah optimal, kami survei. Saya tidak dalam posisi menyebut calonnya siapa. Soal nama, saya jamin sebelum pendaftaran di KPU sudah ada," tuturnya. FER

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger