' Polda dan Pemrov Jabar Muluskan Mudik dan Arus Balik Lebaran - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Polda dan Pemrov Jabar Muluskan Mudik dan Arus Balik Lebaran

Polda dan Pemrov Jabar Muluskan Mudik dan Arus Balik Lebaran

Written By dodi on Wednesday, August 1, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Kondisi jalan raya Pantai Utara (Pantura) dan Selatan Jawa Barat yang merupakan jalur utama mudik/ arus balik Lebaran 2012 menjadi salah satu bahasan yang diutamakan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Operasi Ketupat Lodaya 2012 di Markas Polda Jabar, Selasa (31/7). Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kemacetan serta gangguan non teknis pada saat mudik dan arus balik Lebaran.

Dalam Rakor tersebut, Polda Jabar menyatakan akan menggelar Operasi Ketupat Lodaya mulai 12 Agustus hingga 26 Agustus 2012 dengan mengerahkan dua pertiga atau 20.300 kekuatan personil di wilayah Polda Jabar serta mendapat back up atau dukungan personil dari kesatuan TNI. Selain itu juga akan mendapat tambahan bantuan personil sebanyak 635 personil dari Mabes Polri.

"Koordinasi dilakukan dengan melibatkan seluruh instansi dan elemen dalam pengamanan Lebaran, terutama terkait arus mudik dan balik Lebaran dimana Jabar terdapat dua jalur utama," kata Wakil Kepala Polda Jabar Brigjen Hengkie Kaluara. Hadir para rakor itu dari Dinas Perhubungan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, PU Bina Marga, Jasa Marga, PTKA, Pertamina, TNI, Pemprov Jabar, Organda, Ormas, Pramuka serta instansi terkait lainnya.

Selain membahas jalur Pantura dan jalur selatan, pada kesempatan itu juga dibahas kesiapan jalur alternatif di wilayah Jabar, termasuk penyelesaian perbaikan infrastruktur jalan di jalur mudik itu. Sejumlah jalur utama di Jabar yakni Pantura, jalur tengah Bandung - Sumedang - Cirebon serta Jalur selatan Jabar (Bandung - Garut - Tasikmalaya - Ciamis - Jateng akan menjadi jalur utama mudik yang diperkirakan padat mulai H-7 Lebaran.

Pada kesempatan itu juga dibahas mengenai kesiapan angkutan mudik/balik lebaran baik itu angkutan bus, kereta api dan pesawat udara. Sedangkan dari sisi ketahanan ekonomi, juga dibahas kesapan pasokan bahan bakar, elpiji, pasokan kebutuhan pokok serta kondisi terkini dari ketersediaan itu.

"Ketersediaan kebutuhan pokok berpengaruh terhadap keamanan, ketertiban masyarakat dan kondusifitas daerah. Untuk itu, Polda Jabar akan menyelaraskan pengamanan, terutama dalam pengamanan distribusi kebutuhan pokok agar jangan sampai terganggu oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab," kata Wakapolda.

Di tempat yang sama, Kadis Bina Marga Provinsi Jabar Guntoro mengungkapkan, sejumlah jalan raya di Jawa Barat akan dilalui oleh sekitar 15 juta pemudik dari arah Jakarta dan Banten. Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Bina Marga memastikan bahwa jalur infrastruktur di Jabar sudah siap dilalui para pemudik Lebaran 2012. Semua jalur utama baik di selatan maupun utara sudah tinggal pembenahan saja di beberapa titik jalan raya.

"Saya kira sudah tak ada masalah untuk jalur utama seperti utara dan selatan. Baik jalur Gentong yang ada di selatan ataupun pantura Indramayu Cirebon, sudah tinggal finishing," kata Guntoro. Saat ini, menurut Guntoro, perbaikan jalan hanya tinggal jalan dari arah Tasik ke Bandung yang masih dalam tahap diperkeras. "Pembangunan jalur alternatif Gentong, di Kabupaten Tasikmalaya memang menjadi titik fokus pihaknya. Karena itu jalur sentral yang kerap dilalui oleh para pemudik," papar Guntoro.

Pihak Bina Marga menargetkan, dalam seminggu beberapa jalur yang masih dalam tahap perbaikan akan bisa dilalui. Sedangkan bagi beberapa jalur yang dianggap rawan longsor, Dinas Bina Marga Jabar akan membenahi beberapa jalur yang dikategorikan rawan longsor. "Kami sudah benahi seperti yang terjadi di Parakan Muncang dan Cicalengka. Untuk di tempat lain yang rawan longsor, akan kami siapkan petugas beserta alat beratnya," kata Guntoro. HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger