' Penyaluran Rintisan BOS SMA Dikendalikan Pemprov - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Penyaluran Rintisan BOS SMA Dikendalikan Pemprov

Penyaluran Rintisan BOS SMA Dikendalikan Pemprov

Written By dodi on Tuesday, August 14, 2012 | 8:00 AM


BANDUNG - Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar menyatakan, bahwa untuk penyaluran rintisan Bantuan Operasional Siswa (BOS) SMA langsung ditangani oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat. Penyaluran langsung oleh Pemprov ini, bertujuan untuk meminimalisir penyimpangan yang kerap terjadi.

"Mekanisme penyaluran dana BOS jenjang SMA akan ditangani oleh pihak pemprov. Cara seperti ini sama dengan saat mekanisme BOS SD/SMP, yaitu dari pusat disalurkan ke provinsi, dan dilanjutkan ke sekolah," kata Kepala Disdik Jabar Wahyudin Zarkasyi kepada sejumlah wartawan di kantornya, Jalan Dr Radjiman-Kota Bandung, Senin (13/8). Zarkasyi mengatakan untuk penyaluran BOS SMA akan mengikuti BOS untuk SD dan SMP. 

Alasan dipilihnya mekanisme penyaluran BOS SD/SMP untuk menyalurkan dana BOS SMA adalah karena mekanisme penyaluran BOS SD/SMP dinilai lebih aman dan cenderung tanpa masalah dalam pencairannya. "Saya harap dengan digelontorkannya dana BOS jenjang SMA, dapat membantu para siswa khususnya yang tidak mampu untuk menyokong dirintisnya program wajib belajar 12 tahun," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, dengan digelontorkannya anggaran baru pada tahun 2013 dengan nominal yang mencapai Rp1 juta per siswa serta per tahun, haruslah diawasi. "Silakan masyarakat mengawasi penyaluran dan penggunaan dana BOS tersebut karena itu sudah menjadi hak siswa yang tidak boleh diselewengkan," tandasnya.

Dijelaskan oleh Zarkasyi, Rintisan BOS SMA mulai 2013 jumlahnya naik cukup signifikan. Pasalnya, pada tahun depan dana tersebut mencapai Rp1 juta per anak per tahun. "Sesuai rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dana BOS yang awalnya hanya Rp120 ribu naik pada tahun 2013 menjadi Rp1 juta per anak per tahun," katanya.

Zarkasyi mengatakan, peningkatan dana BOS jenjang SMA untuk mendukung berjalannya program wajib belajar 12 tahun yang akan dimulai tahun depan. "Jadi bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam hal pembayaran di sekolahnya diharapkan bersabar terkebih dahulu setidaknya kurang lebih 5 bulan dari sekarang. Kita pastikan anggran tersebut dapat terealisasi, karena sampai saat ini masih dalam tahap pembahasan di DPR RI," jelasnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, rintisan BOS untuk jenjang SMA sudah mulai disalurkan di pertengahan tahun 2012. "Dana yang digelontorkan sesuai rencana anggaran 2012 yakni unit cost-nya hanya Rp120 ribu per anak per tahun. Untuk anggran rintisan dana BOS SMA, belum diketahui, karena pembahasan di DPR RI belum memasuki final," tandasnya. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger