' Pengukuhan Ojang Suhandi Sebagai Bupati Subang Sudah Final - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pengukuhan Ojang Suhandi Sebagai Bupati Subang Sudah Final

Pengukuhan Ojang Suhandi Sebagai Bupati Subang Sudah Final

Written By dodi on Thursday, August 2, 2012 | 8:00 AM

SUBANG - Ditengah sorotan dan polemik terkait dengan molornya pelantikan Ojang Suhandi sebagai Bupati definitif, Bekas Wakil Bupati Subang yang kini menjabat Pelaksana tugas Bupati Subang itu menyerahkan masalah tersebut secara khusus kepada partai yang mengusungnya, PDIP. Ojang mengaku tak mempermasalahkan pengunduran waktu pelantikan dirinya, dan dia pun siap kapanpun untuk dilantik.

"Saya serahkan kepada kepada PDIP, khususnya dan pada umumnya kepada DPRD, kapapun dan dimanapun saya siap," Kata Ojang Sohandi kepada wartawan usai lauching Desa Peradaban dan Pencanangan Bulan Pembangunan Balita, Rabu (1/8). Ojang juga tidak mempermasalahkan dengan pengunduran jadwal pelantikan dirinya dari Rabu kemarin menjadi Kamis (9/8) pekan depan. Ojang juga mengaku tidak kecewa. "Tidak, saya tidak kecewa. Saya ikuti saja apa yang sudah menjadi ketetapan," imbuhnya.

Berdasarkan  informasi yang diperoleh, Presiden RI melalui Kemendagri sudah menerbitkan SK tentang pelantikan Ojang Sohandi sebagai Bupati Subang menggantikan Eep Hidayat pada 25 Juli lalu. SK itu diserahkan melalui Gubernur Jabar kepada DPRD pada 27 Juli kemarin. Tak pelak, pengunduran jadwal pelantikan Ojang menuai kemarahan dari sejumlah pihak, termasuk anggota DPRD yang mendukungnya.

Wakil Ketua DPRD Agus Masykur Rosyadi pun secara tegas menyatakan tidak akan ada lagi penundaan pelantikan. Pasalnya, persyaratan administrasi dan hal teknis lainnya sudah terpenuhi. "Kita sudah sepakati pelantikan pada 9 Agustus nanti. Ini sudah final, tidak ada lagi rapat bamus-bamusan lagi setelah itu untuk membahas pelantikan," tegas Agus Masykur.

Di lain pihak, Gubernur Ahmad Heryawan memastikan dirinya akan hadir dan melantik Ojang Sohandi. "Saya atas nama presiden akan melantik pa Ojang dari Pelaksana Tugas (Plt) menjadi Bupati," kata Heryawan usai Launching Desa Peradaban dan pencanangan bulan pembangunan balita, kemarin. Ahmad Heryawan terlihat cukup berhati-hati soal pelantikan Bupati Subang ini.

Di depan wartawan, dia menegaskan, kesiapan dirinya untuk datang pada pelantikan nanti bukan karena keberpihakan dirinya dan bukan atas nama pribadi. "Ini bukan atas nama pribadi, bukan kehendak pribadi dan keberpihakan, ini perintah undang-undang, dan memang seperti seharusnya. Saya sudah mendapatkan mandat dari Presiden, cq Mendagri kepada saya untuk segera meminta DPRD melakukan sidang paripurna dalam rangka pelantikan bupati," paparnya.

Terkait wacana pelantikan Bupati Subang yang semula akan digelar pada Rabu (1/8/2012), Heryawan menyatakan musyawarah untuk mufakat harus dikedepankan dalam mengambil keputusan. "Perlu musyawarah, butuh kesepakatan, dari pada dekat tidak sepakat mending diundur seminggu tapi sepakat," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Atin Supriatin menanggapi adanya tudingan kepentingan politik terkait penundaan pelantikan Ojang Sohandi sebagai bupati Subang. Atin tidak membantah jika ada kepentingan politik. Tidak saja lembaga yang dipimpinnya, kepentingan politik itu pun juga dilancarkan oleh Ojang Sohandi yang akan menjadi Bupati definitif. "Kepentingan politik, semuanya juga ada kepentingan, wakil bupati ada kepentingan, DPRD ada kepentingan namanya juga lembaga. Hanya saja Kita tanyakan kepentingan politik apa yang dimaksud," tegas Atin.

Kendati begitu, Atin membantah jika kepentingan politik itu dihubungkan dengan pencitraan negatif. Seperti memperlambat pelantikan Ojang untuk menunjukan ketidak-mampuannya dalam mengelola pemerintahannya terkait keterbatasan kewenangannya sebagai plt bupati. "Kalau arahnya ke sana jelas tidak ada kepentingan semacam itu, itukan publik, bukan PDIP ataupun DPRD," tegasnya. ADE
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger