' Pengamanan Arus Mudik Wakapolri Perintahkan Kapolres se-Polda Jabar Tidur di Lapangan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pengamanan Arus Mudik Wakapolri Perintahkan Kapolres se-Polda Jabar Tidur di Lapangan

Pengamanan Arus Mudik Wakapolri Perintahkan Kapolres se-Polda Jabar Tidur di Lapangan

Written By dodi on Wednesday, August 15, 2012 | 8:00 AM

PURWAKARTA - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komisaris Jenderal Nanan Sukarna, meminta jajarannya bekerja keras selama Operasi Ketupat 2012. Dia pun berharap tak ada komplain atau keluhan dari masyarakat, terkait pelayanan dan pengamanan arus mudik dan balik Idul Fitri tahun ini. Termasuk jajaran Polda Jabar, diinstruksikan oleh Komjen Nanan agar selalu siaga dan waspada dalam melaksanakan tugas pengamanan lingkungan dan bersikap simpatik dalam melancarkan perjalanan pemudik.

Nanan menyampaikan hal itu saat berkunjung ke Pos Pengamanan Cikopo di depan gerbang tol Cikampek di Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, dalam rangka mengecek kesiapan Operasi Ketupat Lodaya, Selasa (14/8). "Jika perlu, kepala polres-kepala polres tidur di lapangan agar tahu secara langsung situasinya, bukan di kantor. Semua demi melayani masyarakat," ujar Nanan, di hadapan sejumlah petinggi Kepolisian Daerah Jawa Barat dan Kepolisian Resor Purwakarta, Subang, dan Karawang.

Nanan mengatakan, tiga hal yang penting untuk diupayakan pencegahannya yakni kemacetan lalu lintas, kecelakaan, dan kriminalitas.
Dia meminta sejumlah skenario yang relatif lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, bisa terlaksana dengan baik di lapangan. "Persiapan, inovasi, dan rencana terus diperbaiki dari tahun ke tahun, sehingga kali ini lebih baik. Namun pelaksanaannya juga harus lebih baik," tambah Nanan.

Selain jalur mudik utama, personel kepolisian dan instansi terkait juga diminta memerhatikan jalur nonmudik. Pengalaman tahun 2010, sejumlah masyarakat justru mengeluhkan kemacetan di jalur-jalur menuju tempat wisata. "Hal ini harus diantisipasi oleh jajaran Polres yang di wilayahnya terdapat lokasi wisata," imbuh mantan Kepala Divisi Humas Mabes Polri ini.

Selain Wakapolri Nanan, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Putut Eko Bayuseno dan Kakorlantas Irjen Pol Pudjihartanto juga ikut meninjau arus mudik lebaran di Cikopo. Kapolda memerintahkan 3 Polres diwilayah lintasan mudik jalur pantura yakni Purwakarta, Subang dan Karawang terus berkoordinasi untuk mengantisipasi lonjakan pemudik. “Polres satu dengan Polres lainnya diwilayah ini harus terus menjalin koordinasi supaya pengaturan arus tertib dan lancar. Ini upaya mengantisipasi terjadinya lonjakan,” terang Kapolda.

Kapolda Jabar meninjau ke lapangan bersama rombongan Mabes Polri, Kakorlantas Irjen Pol Pudjihartanto didampingi Dislantas Polda Jawa Barat Kombes Bimo A Seno, serta tiga Kapolres di wilayah Purwasuka. Kapolda menyebutkan, hingga H-5 lebaran, situasi arus mudik di sejumlah ruas jalan di Jawa Barat belum mengalami peningkatan.

Kendati pada jam jam tertentu seperti akhir pekan kemarin mengalami kepadatan, namun relatif lancar dan tertib. “Kepadatan dijalur ini mulai terasa pada H-3 atau Kamis (16/8) lusa. Sedangkan, puncak arus mudik diprediksi terjadi H-2 pada Jumat (17/8) karena pada hari itu seluruh pegawai swasta dan PNS di Jakarta libur,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Direktur Lalulintas Polda Jabar Kombes Bimo A Seno menambahkan, pihaknya menyiapkan rekayasa melawan arus (contra flow) di jalur pantura Subang sepanjang 48 km dimulai Cikopo hingga Pamanukan. Skenario contra flow tersebut, lanjut Bimo, dilakukan bilamana terjadi kepadatan di Cikopo. “Pemberlakuan bersifat situasional. Pantura Subang nanti dibuka 3 lajur untuk arah ke Cirebon sedangkan dari Cirebon dibukan satu lajur menuju Cikopo,” jelasnya.

Petugas pencatat LHR kendaraan pemudik di Cikopo menyebutkan, pada H-5 mengalami sedikit kenaikan Lintas Harian Rata Rata (LHR) kendaraan yang keluar di GT Cikopo yang tercatat 810 kendaraan/jam. “Naik sekira 5 persen,” ujarnya. Selain itu, UPSM (Unit Pengurai Simpul Macet) Satlantas Polres Purwakarta tampak sudah menjalankan tugasnya di Cikopo. UPSM yang diturunkan mengendarai sepeda gunung berseliweran disela sela lalu lalang kendaraan di Cikopo.

Tugas utamanya mencapai simpul kemacetan. "UPSM ini kita bentuk empat bulan lalu. Sengaja menggunakan sepeda angin, selain menyehatkan ke tubuh juga mudah mencapai simpul macet. Tak serepot mengendarai mobil atau motor,” kata AKP Agus Wahyudin, Kasatlantas Polres Purwakarta. YAS/WAN
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger