' Pendaftaran Calon Rektor Universitas Indonesia Sepi Peminat - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pendaftaran Calon Rektor Universitas Indonesia Sepi Peminat

Pendaftaran Calon Rektor Universitas Indonesia Sepi Peminat

Written By dodi on Thursday, August 16, 2012 | 8:00 AM

DEPOK - Sejak dibuka 8 Agustus lalu, pendaftaran bakal calon rektor Universitas Indonesia (UI) dalam bursa pendaftaran pemilihan rektor periode 2012-2017 masih sepi peminat atau baru 10 orang saja yang mendaftar. Diketahui, sudah banyak orang yang mencari informasi mengenai pemilihan Rektor di kampus yang tengah dilanda konflik itu, namun belum mendaftar hingga saat ini. Panitia pemilihan sendiri masih menerima pendaftaran hingga 31 Agustus. Pendaftaran dilakukan secara online di laman (website) resmi pemilihan Rektor UI.

Ketua Panitia Khusus Pemilihan Rektor UI, Endriartono Sutarto, mengatakan, panitia kembali membuka pendaftaran pemilihan bakal calon rektor UI setelah gugatan ke pengadilan tata usaha negara (PTUN) dicabut oleh pihak penggugat. Sebelumnya, Senat Universitas UI (SU-UI) melayangkan gugatan kepada PTUN terkait status kampus hingga putusan sela dikeluarkan. Dalam dua pekan ke depan, pihak-pihak yang ingin mencalonkan diri dan memenuhi syarat sebagai rektor UI bisa mendaftar.

Setelah persyaratan dilengkapi dan pendaftaran online dilakukan, panitia akan melakukan klarifikasi, verifikasi, dan seleksi administrasi dari tanggal 27 Agustus hingga 7 September 2012. Selama proses ini, calon yang lolos verifikasi bisa melakukan kampanye secara online (cyber campaign) dari tanggal 27 Agustus-21 September. Bersamaan dengan itu, panitia membuka akses seluas-luasnya kepada publik untuk memberikan tanggapan terhadap rekam jejak atau riwayat para calon rektor secara online hingga tanggal 12 September.

"Calon rektor tidak boleh menjadi tersangka oleh KPK atau terdakwa oleh kepolisian," ungkapnya mengenai salah satu tanggapan yang bisa diberikan publik. Setelah itu, para calon rektor akan diseleksi oleh Senat Akademik Universitas (SAU), 24-27 September. SAU akan memilih lima calon rektor yang akan diserahkan ke Majelis Wali Amanat (MWA) hingga rektor akan dipilih pada 9 Oktober.

Sebelumnya diketahui, kampus UI beberapa hari terakhir dilanda gelombang aksi demo mahasiswa yang menolak kepemimpinan Rektor Gumilar Rusliwa Soemantri. Mahasiswa mendesak Gumilar mundur agar dia tidak lagi ikut pendaftaran calon Rektor. Namun Rusliwa tak bergeming, dia pun tetap menjabat sampai jabatannya selesai pada 14 Agustus lalu. Mahasiswa pun berjanji akan melakukan aksi jika Gumilar maju kembali dalam pemilihan rektor.

Sementara itu, dalam acara serah terima jabatan (sertijab) Rektor UI yang berlangsung di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa (14/8/2012), diwarnai aksi unjuk rasa. Sekitar 30 mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-UI "menggruduk" Gedung Kemdikbud. Sertijab Rektor UI dilaksanakan pagi ini, pukul 10.00 WIB di lantai III Gedung D, Kemdikbud. Penjagaan dari pihak keamanan juga tampak sangat ketat, berbeda jika dibandingkan dengan sertijab rektor-rektor dari kampus negeri lainnya. Bahkan, tidak semua wartawan diizinkan masuk ke ruang acara.

Sekitar pukul 11.00 WIB, sesaat setelah acara sertijab selesai dilaksanakan, di luar ruang acara ada beberapa mahasiswa dari BEM se-UI yang berdiri persis di depan pintu keluar dan membentangkan poster-poster berisi sindiran pedas terhadap Rektor UI, Gumilar Rusliwa Somantri. Secara umum, tulisan di poster-poster itu berisi kekecewaan mahasiswa terhadap kepemimpinan Gumilar, dan menolak yang bersangkutan untuk kembali mencalonkan diri sebagai Rektor UI di masa pemilihan rektor selanjutnya.

Djoko Santoso resmi menjadi Rektor UI sementara atas perintah Mendikbud Mohammad Nuh. Hal itu sesuai dengan permintaan MWA UI yang meminta Mendikbud untuk mencarikan rektor sementara UI dari pejabat eselon satu di lingkungan Kemdikbud. Djoko Santoso akan memimpin UI sampai masa pemilihan rektor (Pilrek) UI selesai. Adapun, masa Pilrek UI dimulai pada 8 Agustus 2012 dan hasil akhirnya akan diketahui pada 9 Oktober 2012 setelah MWA UI memilih seorang calon rektor dari beberapa calon yang lolos seleksi Senat Akademik Universitas. HRS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger