' Pemprov Dorong Pemkab/Pemkot se-Jabar Capai Opini WTP - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pemprov Dorong Pemkab/Pemkot se-Jabar Capai Opini WTP

Pemprov Dorong Pemkab/Pemkot se-Jabar Capai Opini WTP

Written By dodi on Tuesday, August 7, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar memastikan akan memfasilitasi dan mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  dan Pemerintah Kota (Pemkot) se-Jabar untuk memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Laporan hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP BPK). Untuk itu, Pemprov Jabar akan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

“Bentuk bantuannya, Pemprov Jabar lakukan supervisi. Kalau pendampingan, kami serahkan ke BPKP karena mungkin lebih enak bersama mereka. Kalau diperlukan, Pemprov dan BPKP Jabar akan turun ke kabupaten/kota,” ungkap Gubernur Jabar Ahmad Heryawan usai melakukan audiensi dengan Kepala Perwakilan BPKP Jabar Abi Rusman Tjokronolo di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Senin (6/8).

Heryawan mengaku memperoleh laporan keuangan Semester I tahun 2012. Pada Juni lalu, BPKP melakukan pemeriksaan secara sampling dan hasil pemeriksaan dikumpulkan dan laporannya diserahkan ke Gubernur Jabar. “’Hasil laporannya seperti apa, saya belum buka. Baru terima bukunya saja,” jelasnya. Menurut Heryawan, BPKP Jabar juga memberikan apresiasi pada Pemprov Jabar yang berhasil meraih opini WTP. Padahal dua tahun sebelumnya opini tersebut sulit diraih.

BPKP berharap prestasi tersebut diharapkan bisa ditularkan pada 24 kabupaten/kota yang belum memperoleh WTP. "BPKP mendorong supaya ada kerja sama yang sangat kuat untuk menambah daerah yang memperoleh predikat WTP. Kita targetkan tahun ini ada tambahan empat kabupaten/kota lagi di Jabar yang memperoleh WTP. Sehingga, nantinya dari 27 pemerintah daerah tujuh pemerintah daerah memperoleh WTP. Kalau bisa 10 daerah bisa WTP," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Jabar Abi Rusman Tjokronolo, menyatakan pihaknya akan melakukan pendampingan terhadap kabupaten/kota di Jabar yang belum meraih opini predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan pemeriksa Keuangan (BPK). Pendampingan untuk meningkatkan opini BPK bagi daerah yang semula mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) supaya naik menjadi WTP.

Menurutnya, pendampingan akan dilakukan mengingat Pemprov Jabar berhasil meraih WTP dari hasil audit BPK tahun lalu. "Di 2011 lalu dari 26 kabupaten/kota yang sudah meraih predikat WTP hanya Kota Banjar dan Kota Depok. Karenanya untuk membantu daerah dalam meraih opini BPK kita akan memetakan terlebih dahulu hal-hal yang menjadi pengecualian BPK atas laporan keuangan daerah," papar Abi.

Abi melanjutkan, bimbingan akan dilakukan kepada Pemda agar bisa meraih predikat WTP. "Pendampingan supaya jadi pengecualian bisa dieleminasi sehingga tidak menjadi pengecualian," ujarnya. Adapun terkait aset, dia mengaku banyak daerah menjadi ganjalan dalam meraih predikat WTP seperti pencatatan aset. "Kami kemungkinan akan mencari solusi bagaimana pencatatan pemasukan dari pajak bumi dan bangunan (PBB) jika mutlak dikelola oleh kabupaten atau kota," tandasnya. HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger