' Pemkab Sukabumi Didesak Bersih-Bersih Dari Korupsi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pemkab Sukabumi Didesak Bersih-Bersih Dari Korupsi

Pemkab Sukabumi Didesak Bersih-Bersih Dari Korupsi

Written By dodi on Friday, August 31, 2012 | 8:00 AM

SUKABUMI (LJ) – Ketua Harian Perkumpulan Pengawas (PP) tindak pidana korupsi (Tipikor), Stevanus Beldi, berharap sosialisasi sadar hukum di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, dapat membawa dampak positif, yaitu minimal mampu menjadikan jajaran tersebut bersih dari praktek korupsi.

"Sebab seluruh aspek pembangunan yang menggunakan anggaran pemerintah selain harus dipertanggung jawabkan sesuai ketentuan Undang-Undang. Pada pelaksanaannya diharapkan tidak terjadi penyimpangan, sehingga praktek korupsi tidak marak di lingkungan Pemkab Sukabumi," ujar Beldi kepada LINGKAR JABAR, usai menghadiri acara sosialisasi anti korupsi yang dihelat LSM PP Tipikor di Sukabumi, kemarin.

Dalam sosialisasi ini, lanjut Beldi, misi yang diemban PP Tipikor, sebagai element masyarakat Kabupaten Sukabumi, pertama agar seluruh penyelenggara pemerintah bersih dari tipikor. Kedua PP Tipikor berkeinginan menumbuh kembangkan peran aktifnya melalui kerjasama dengan pemerintah daerah (Pemda) dalam memantau seluruh aspek kegiatan yang ada di wilayah ini.

Dan ketiga, akan berperan aktif membantu pemda agar roda pemerintahan berjalan sesuai dengan koridor hukum. “Sebagai lembaga pengawas tipikor, misi ini yang kami emban ke Pemkab Sukabumi,” tegasnya seraya menambahkan setiap kegiatan yang menggunakan anggaran pemerintah, tidak perlu melihat besar kecilnya penyimpangan, harus disikapi karena hal itu merupakan tindak pidana.

Sebagai contoh, kata Beldi, penggunaan berbagai asset yang tidak sesuai dengan peruntukannya, merupakan sebuah tindak yang melawan hukum. Hal terkecil yang kerap sering dijumpai ini, ada pegawai atau pejabat yang tidak memanfaatkan waktu kerja dengan baik, dapat dimasukan dengan korupsi waktu.

Begitu juga dengan penggunaan asset kantor seperti komputer untuk kepentingan pribadi bermain game dan kendaraan tidak sesuai fungsinya, padahal menurut hukum, ini sudah menyalah gunakan asset pemerintah. “Jadi tidak hanya kegiatan fisik, tapi juga hal tersebut akan masuk pemantauan PP tipikor,” imbuhnya.
   
Sementara itu, Ketua Umum PP Tipikor, Elan Jaelani, menuturkan, pihaknya menilai para pejabat di Pemkab Sukabumi, dalam menjalankan roda pemerintahan tidak sedikit tekanan datang dari atas, sedangkan ke jajaran dibawahnya kerap tidak tersentuh. Oleh karenanya lembaga yang dipimpinnya akan berupaya menjalin koordinasi dari tingkat bawah hingga tingkat atas untuk memahami undang-undang tindak pidana korupsi.

Sejak berkantor di Jalan Siliwangi Cibadak, lanjut Elan, lembaganya telah melakukan observasi ke lapangan dan mengajukan proposal kegiatan berkelanjutan dalam hal bintek hukum serta bintak lainnya. “Ini tentunya, Pemkab Sukabumi harus memehami undang-undang tipikor juga bersih dari hal tersebut," ujar, Elan.
   
Ditempat terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sukabumi, H. Adjo Sadjono, menyambut baik digelarnya sosialisasi sadar hokum oleh PP Tipikor. Menurutnya, kegiatan ini, sebagai bentuk tanggung jawab element masyarakat terhadap pemda agar roda pemerintahan berjalan sesuai koridor yag ditetapkan undang-undang. “Saya atas nama Pemkab Sukabumi, menyambut baik kegiatan ini.” Kata, Adjo, ketika ditemui wartawan, di ruang kerjannya.
   
Dari hasil pantauan LINGKAR JABAR, kegiatan sosialisasi sadar hokum yang digelar PP Tipikor, yang bekerja sama dengan Pemkab dan DPRD Sukabumi ini, terasa hambar ketika terdengar kabar perwakilan Komite Pemberantas Korupsi (KPK) pusat berhalangan hadir. Kendati begitu sosialisasi sadar hukum yang digagas PP Tipikor, terbilang berhasil mengingat Sekda hadir mewakili Bupati. Begitu juga seluruh jajarannya hingga para camat dan organisasi perangkat daerah (OPD) telah memenuhi ruang musyawarah DPRD Kabupaten Sukabumi. WHD



Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger