' Pemilukada Kota Sukabumi Dibutuhkan Dana Rp 14 Milyar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Pemilukada Kota Sukabumi Dibutuhkan Dana Rp 14 Milyar

Pemilukada Kota Sukabumi Dibutuhkan Dana Rp 14 Milyar

Written By dodi on Thursday, August 30, 2012 | 8:00 AM


KOTA SUKABUMI (LJ)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi, mulai melakukan pembentukan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), dan penerimaan pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Yang berarti tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Sukabumi Tahun 2013 mendatang sudah mulai dilaksanakan.

Ketua KPU Kota Sukabumi, Anton Rachman, didampingi Kasubbag Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat (Hupmas) KPU, Mulyadi Malik,  berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, segera mengucurkan anggaran Pemilukada Kota Sukabumi Tahun 2013, dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Pasalnya sampai saat ini, Pemkot Sukabumi belum mengucurkan anggaran untuk kegiatan tersebut. Tujuannya untuk menunjang kelancaran, keberhasilan pelaksanaan kegiatan tersebut."Tugas KPU Kota Sukabumi, tidak hanya sebatas menyukseskan Pemilukada  saja, akan tetapi sampai pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat," ucapnya.

Lebih lanjut Ketua KPU mengatakan, pihaknya sudah membuat estimasi anggaran untuk pelaksanaan Pemilukada Kota Sukabumi dan Pilgub Jawa Barat ini, sebesar 19 milyar rupiah, dengan asumsi dua putaran paparnya.Estimasi anggaran tersebut, Pemkot Sukabumi harus mengeluarkan anggaran dari APBD Kota Sukabumi sebesar Rp 14 milyar lebih.

Karena Pemerintah Provinsi Jawa Barat, hanya akan mengeluarkan anggaran sebesar Rp 4,8 milyar. Sedangkan apabila dilaksanakan dua putaran atau dilakansakan Pemungutan Suara Ulang (PSU), pihaknya membutuhkan anggaran tambahan sebesar Rp 6,6 milyar.

Menyinggung rincian Anggaran Pemilukada yang akan digunakan oleh KPU Kota Sukabumi, antara lain untuk pra tahapan Pemilukada sebesar Rp 1,8 milyar , untuk pelaksanaan tahapan Pemilukada sebesar Rp 11 milyar, dan untuk pelaksanaan pemutakhiran data sebesar Rp 7 milyar. Sedangkan anggaran yang akan dikucurkan oleh KPU Provinsi Jawa Barat, hanya untuk biaya belanja pegawai dan honorarium saja.

Sementara anggaran yang dibutuhkan oleh KPU Kota Sukabumi, untuk membiaya seluruh kegiatan, yang jumlahnya mencapai 18 item. Diantaranya untuk belanja dan jasa, untuk satu putaran diperkirakan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 7,4 milyar. Namun apabila terjadi dua putaran, pihaknya membutuhkan anggaran tambahan sebesar Rp 6 milyar . Tapi apabila hanya terjadi satu putaran, pihaknya hanya membutuhkan anggaran sebesar Rp 8,8 milyar. (HIL/RPD)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger