' Pemerintah Bertanggungjawab Keamanan Para Pemudik Lebaran - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Pemerintah Bertanggungjawab Keamanan Para Pemudik Lebaran

Pemerintah Bertanggungjawab Keamanan Para Pemudik Lebaran

Written By dodi on Monday, August 13, 2012 | 8:00 AM

KAB.PURWAKARTA (LJ). – Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH menyatkan, pulang kampung merupakan sebuah tradisi dimasyarakat, yang setiap tahunnya selalu bertambah dan melibatkan orang banyak. Sehingga kita bertanggung jawab, dalam memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran.

“Mudik lebaran merupakan salah satu tradisi setiap tahunnya. Sehingga perlu diciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pemudik,” terang Dedi Mulyadi usai memimpin apel persiapan gelar pasukan Operasi Ketupat dalam mengamankan arus mudik Lebaran 2012 bertempat Mapolres Purwakarta, Jumat (10/8).

Dikatakan, dalam memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat, perlu sinergitas antara pemerintah, TNI dan Polri serta masyarakat dalam mengamankan mudik lebaran. Sedangkahn untuk mengatasi masalah kemacetan, diperlukan solusi yang tepat bagi masyarakat diantaranya dengan pembangunan Tol Cikampek – Palimanan.

Kemacetan arus mudik maupun balik lebaran setiap tahun, sambung Dedi, dikarenakan adanya problem yang belum diselesaikan. Pertama wacana pembangunan jembatan layang dari Karawang menuju Pantura,g hingga sekarang belum terlaksana. Padahal apabila jembatan tersebut terlaksana, maka akan mengurai kemacetan yang ada.

Kedua, lanjutnya, pembangunan tol Cikopo – Palimanan harus segera dibangun. Karena dengan dibangunnya tol tersebut, maka kemacetan dari Jakarta – Purwakarta – Pantura bisa teratasi dengan baik. Sebagai indikator keberhasil dalam arus mudik tahun 2012 ini, diantaranya adalah kelancaran lalu lintas terutama dalam titik rawan kemacetan.

Sementara Kapolres Purwakarta AKBP Bachtiar Ujang Permana mengungkapkan, untuk pengamanan arus mudik di wilayah Purwakarta, pihaknya telah menyiapkan 1.200 personel diantaranya terdiri dari jajaran Polres Purwakarta dibantu oleh Polda Jawa Barat, jajaran TNI serta unsur pemerintah daerah.

Selain jajaran Polri dan TNI, papar Bachtiar U Permana, pengamanan Operasi Ketupat 2012 ini juga dibantu oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta organisasi kemasyarakatan seperti club motor tracker yang secara sukarela, akan membantu kepolisian dalam mengamankan arus mudik tahun ini.

Diakui Kapolres Bachtiar Ujang Permana, para pemudik yang melintasi jalur Purwakarta sampai saat ini masih belum terbebas dari kemacetan, terutama untuk jalur utama Pantura. Sejak keluar dari Gerbang Tol Cikopo, titik-titik kemacetan akan dijumpai oleh para pemudik yang harus diwaspadai disepanjang enam kilometer dari Cikopo sampai Simpang Mutiara.

Selain jalur Pantura, jalur utama tengah pun kondisinya tak jauh berbeda. Kemacetan akan dijumpai disepanjang Sadang menuju Cibatu perbatasan Purwakarta - Subang. Penyebab kemacetan, karena penyempitan jalur, persimpangan jalan, dan pabrik. Begitupun  dengan jalur alternative, yang kondisinya juga sama.

Untuk jalur alternative, papar Kapolres, terjadi kemacetan di sentra-sentra ekonomi seperti pusat perbelanjaan dan kantor perbankan. Meski demikian, akan ada petugas yang mengurai kemacetan ini. “Jika jaraknya dekat, penguraian kemacetn cukup menggunakan pasukan bersepeda,” jelasnya.
.
Pasukan bersepeda ini, lanjut Bachtiar Ujang Permana, bertugas mengurai kemacetan yang jaraknya tidak terlalu jauh. Jika kemacetannya parah bahkan sampai mengular beberapa kilometer, maka akan diurai oleh pasukan kendaraan roda dua. Karenanya, dalam memberikan kenyamanan kepada pemudik, dilakukan berbagai upaya pengmanan.YAS.

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger