' Pembangunan Pembangkit Listrik Upper Cisokan, Butuh Lahan Luas - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Pembangunan Pembangkit Listrik Upper Cisokan, Butuh Lahan Luas

Pembangunan Pembangkit Listrik Upper Cisokan, Butuh Lahan Luas

Written By dodi on Monday, August 6, 2012 | 8:00 AM

CIANJUR (LJ) Luasan lahan di Kabupaten Cianjur yang harus dibebaskan untuk kepentingan pembangunan pembangkit listrik Upper Cisokan mencapai 240 hektare. Lahan tersebut tersebar di empat kecamatan, masing-masing Kecamatan Bojongpicung, Haurwangi, Campaka, dan Cibeber.

Kepala Bagian Pemeritahan Umum dan Otonomi Daerah (PUOD) Firman Firdaus mengatakan, dari 240 hektare lahan yang masuk dalam zona pembangunan pembangkit tenaga listrik Upper Cisokan, hampir 60% di antaranya merupakan lahan milik Perum Perhutani. Sementara sisanya merupakan milik masyarakat.

"Ada empat kecamatan yang lahannya akan dibebaskan untuk pembangunan Upper Cisokan ini yakni Kecamatan Bojongpicung, Haurwangi, Campaka, dan Cibeber," kata Firman saat dihubungi, Minggu (5/8).

Firman menyebutkan, jika dibandingkan dengan luasan lahan yang dibebaskan di Kabupaten Cianjur, sebetulnya lahan yang paling banyak dibebaskan berada di Kabupaten Bandung Barat. Menurut informasinya, pihak PLN juga akan memberikan kompensasi berupa pembangunan jalan dan fasilitas umum lainnya, selain pembebasan lahan. "Tapi jika melihat adanya undang-undang itu, ada kemungkinan target selesai tahun 2014, bisa saja mundur," ungkapnya.

Sementara itu, Dadang (45), seorang warga Haurwangi mengaku, warga tidak terlalu mempermasalahkan tertunda atau tidaknya pembebasan lahan. Sebetulnya, kata Dadang, apapun pembangunannya, yang terpenting bagi masyarakat adalah dampak positif.

"Artinya, pembangunan pembangkit listrik Upper Cisokan itu jangan sampai merugikan masyarakat, tapi lebih penting pada hal-hal positif. Misalnya saja kaitan infrastruktur jalan. Jika saat ini kondisinya masih rusak, mudah-mudahan adanya pembangunan Upper Cisokan akan berimbas pada perbaikan jalan,"harapnya. (RUS)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger