' Pelatih Lokal juga Layak Poles Skuad Persib - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Pelatih Lokal juga Layak Poles Skuad Persib

Pelatih Lokal juga Layak Poles Skuad Persib

Written By dodi on Monday, August 6, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Wakil Gubernur Jabar sekaligus Duta Persib Bandung Dede Yusuf menyetujui jika manajemen tim Persib, PT.Persib Bandung Bermartabat (PBB), tim kebanggaan warga Jabar itu ditangani pelatih lokal pada musim kompetisi mendatang. Dia meyakini, pelatih lokal akan mampu berkomunikasi baik dengan para pemain dan manajemen dibandingkan pelatih asing. Dede pun mengakui bahwa pelatih lokal tidak kalah kualitasnya dengan pelatih asing.

"Ternyata Persib sulit menembus lima besar. Tentu kita nunggu evaluasi total dulu. Nah kalau pakai pelatih asing juga kita sudah ketinggalan. Saya rasa pelatih lokal banyak yang mumpuni kok," kata Dede kepada wartawan, akhir pekan kemarin. Menurutnya, pelatih lokal tersebut mutlak memiliki persyaratan pada kualitas dan kemampuan berkomunikasi. Kalau faktor komunikasi dengan pemain dan manajemen sudah nyambung, tentu bidikannya tinggal prestasi.

"Masing-masing komponen di Persib itu sudah punya kekuatannya. Pemain saja sudah sekelas Atep, Aliyudin, Ilham, Zulkifli, Noh Alamshah. Cuma masalahnya mengomunikasikan keinginan. Tentu harus berbahasa komunikasi lokal yang lebih baik," jelasnya seraya mengakui kalau pelatih asing memiliki teknik kepelatihan yang baik. Tetapi pelatih asing akan kedodoran saat menuangkan skema kepelatihannya karena terkendala komunikasi. "Masalah komunikasi ini menjadi potensi persoalan juga. Sekarang bagaimana caranya menyolidkan pola prmainan dengan kualitas pemain yang sudah all star ini. Saya rasa pelatih lokal bisa," ujarnya.

Sementara itu, mantan pelatih Persib musim kompetisi Liga Dunhil 1993/1994 dan 1994/1995, Indra Thohir mendukung keputusan PT PBB untuk menggunakan pelatih lokal. Alasannya, menurut Thohir, para pejabat teras Persib paham apa yang harus dipersiapkan menjelang kompetisi musim depan. "Mereka memilih pelatih lokal atau luar terserah mereka. Bila mereka memandang pelatih lokal yang tepat, artinya mereka tahu apa yang akan ditempuh,” katanya.

Beberapa waktu lalu, Manajer Tim Persib, Umuh Muchtar, menyatakan bahwa manajemen PT PBB telah menyepakati untuk tidak menggunakan pelatih asing untuk kompetisi musim depan. Menyusul pernyataan itu, kemudian beredar kabar bahwa ada beberapa pelatih lokal yang sudah masuk dalam daftar incaran. Mereka antara lain Herry Kiswanto, Jajang Nurjaman dan Deny Syamsudin. Namun sepertinya banyak kendala yang dihadapi manajemen, salah satunya lisensi pelatih.

Dari ketiganya, kans Jajang untuk menukangi Persib terbilang berat. Seandainya manajemen mengikuti standar baku FIFA dan AFC, yakni pelatih harus mengantongi lisensi A AFC untuk menangani tim profesional. Tetapi, Jajang memiliki keuntungan lain. Dia mengaku sudah dihubungi jajaran manajemen, meski baru sebatas kandidat calon pelatih. "Ya, saya memang sudah dihubungi untuk menjadi salah satu calon kandidat pelatih," ujarnya kepada wartawan belum lama ini.

Meski terganjal lisensi, karena dirinya hanya mengantongi sertifikasi kepelatihan lisensi A nasional, nyatanya tidak menyurutkan niat Jajang untuk maju sebagai kandidat pelatih Persib Bandung, jika betul-betul diinginkan jajaran manajemen PT PBB. Dia menilai, pada kompetisi Indonesia Super League 2011/2012 lalu, beberapa pelatih berlisensi A nasional seperti dirinya, yaitu Kas Hartadi dan Joko Susilo, tidak memiliki kendala apapun. Kecuali jika Maung Bandung mengikuti Liga Champion Asia, yang mewajibkan lisensi minimal A AFC.

Meski demikian, Jajang mengaku tetap berlapang dada jika nanti harus terkendala masalah lisensi. Dia mengatakan, tetap akan berusaha menaikkan lisensi kepelatihannya. "Kalau nggak, ya tidak apa-apa. Memang saya sudah berencana untuk mendapatkan lisensi A AFC. Tapi memang belum ada kesempatan. Kalau ada waktu, saya mau mengurusnya. Sekarang saya hanya akan menjalani saja apa yang sudah ada," ungkapnya. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger