' Pegadaian Bekasi Kebanjiran Nasabah Gadai Emas - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pegadaian Bekasi Kebanjiran Nasabah Gadai Emas

Pegadaian Bekasi Kebanjiran Nasabah Gadai Emas

Written By dodi on Thursday, August 9, 2012 | 8:00 AM

BEKASI - Kantor Pegadaian Cabang Bekasi, Jawa Barat, mencatat transaksi gadai emas milik nasabah mendominasi pelayanan hingga 95 persen menjelang Lebaran 1433 H. Pihak Pegadaian menilai bahwa gadai emas diminati karena banyak yang membutuhkan uang menjelang Lebaran, terlebih bunganya pun tergolong rendah.

"Sisanya adalah transaksi gadai barang, elektronik, dan peralatan rumah tangga," ujar Pimpinan Cabang Kantor Pegadaian Cabang Bekasi, Lenny, kepada sejumlah wartawan di Bekasi, kemarin. Menurut dia, tingginya transaksi gadai emas itu karena nasabah melihat transaksinya mudah, cepat, dan bunga yang relatif rendah namun sangat besar manfaatnya dalam memperoleh dana tunai.

"Menggadaikan barang dengan menggunakan emas juga menguntungkan, karena melihat harga emas yang cenderung naik," ujarnya seraya menambahkan transaksi pengadaian di Kantor Cabang Kota Bekasi akan mengalami puncak peningkatan antara H-7 hingga H-2 Lebaran mendatang dengan jumlah transaksi mencapai 700 lebih nasabah.

"Masyarakat melakukan gadai emas bukan hanya untuk keperluan pribadi, tapi juga untuk membiayai usaha sampingan seperti berjualan kue selama puasa," ujarnya. Proses peminjaman uang melalui gadai emas, kata dia, terbilang cepat. Dengan 15 menit dana dapat segera cair. Nasabah cukup datang dengan membawa perhiasan emasnya dengan nilai taksiran 90 persen dari harga pasar.

"Harga taksir juga ditetapkan manajemen, yang biasanya akan berubah per dua hingga tiga bulan. Selanjutnya, masa pinjaman dana akan berlangsung selama empat bulan dan bisa dicicil," katanya. Jika selama masa tersebut nasabah belum bisa melunasi pinjamannya, tambah dia, maka nasabah akan dikenakan biaya jasa simpanan. "Omset layanan gadai emas diperkirakan akan meningkat 20 persen dari biasanya," katanya. RZL
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger