' PAD Pemkot Cirebon Harus Digenjot - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » PAD Pemkot Cirebon Harus Digenjot

PAD Pemkot Cirebon Harus Digenjot

Written By dodi on Wednesday, August 1, 2012 | 8:00 AM

KOTA.CIREBON (LJ) – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon diminta untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari berbagai sektor, sebagai konsekuensi adanya beberapa pelimpahan kewenangan dari pemerintah pusat maupun provinsi dalam hal pajak.

Anggota DPRD Kota Cirebon, Cecep Suhardiman, mengatakan, seharusnya Pemkot bisa mengoptimalkan penerimaan pajak untuk meningkatkan PAD secara signifikan. "Tahun ini, untuk pajak parkir konsumen wajib membayar pajak yang tarifnya sebesar 30 %," kata Cecep kepada LINGKAR JABAR, kemarin. Kemudian untuk rumah kos-kosan yang mempunyai kamar lebih dari 10 kamar, kata dia, juga diwajibkan membayar pajak.

Dari potensi yang ada tersebut, kata dia seharusnya walikota dan OPD-OPD-nya seharusnya bisa meningkatkan kinerjanya untuk meningkatkan PAD tersebut. "Yang lebih penting bahwa kesiapan meningkatkan PAD Itu bukan hanya diatas kertas tapi pada realisasinya," ungkapnya.

Lanjut dia menjelaskan, dalam setiap pembahasan raperda APBD antara Banggar DPRD dengan TAPD (Tim anggaran Pemerintah daerah) yang diketuai Sekda baik dalam pembahasan APBD murni maupun APBD Perubahan pihak eksekutif selalu setuju apabila target PAD Dalam setiap tahun dinaikan minimal 10%, hal tersebut, didasarkan pada realitas potensi yang ada.

Tetapi persetujuan kenaikan itu, tambah dia, hanya terjadi di atas kertas saja karena dalam realitasnya selalu tidak tercapai. Dia mencontohkan PAD untuk tahun 2011 target PAD Sebesar Rp.137 Milyar yang hanya terealisasi sebesar Rp.120 Milyar.

"Untuk target PAD tahun 2012 adalah sebesar Rp.140 Milyar realisasinya sampai bulan Mei 2012, baru sebesar Rp.41.2 Milyar," ujarnya. SUP/TUS (C.12)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger