' Mulai H-4, Kendaraan Berat Dilarang Lintasi Jalur Pantura - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Mulai H-4, Kendaraan Berat Dilarang Lintasi Jalur Pantura

Mulai H-4, Kendaraan Berat Dilarang Lintasi Jalur Pantura

Written By dodi on Wednesday, August 15, 2012 | 8:00 AM

KAB.PURWAKARTA (LJ).- Memasuki H-4 menjelang mudik lebaran 1433 hijriah, kendaraan berat dilarang melintasi jalur mudik Pantura. Kecuali kendaraan yang mengangkut sembako dan bahan bakar minyak (BBM). Sebab kendaraan-kendaraan tersebut, untuk kepentingan umum.

“Jika memasuki H-4 masih ada kendaraan berat yang membandel, akan di kandangkan. karenanya kendaraan-kendaraan besar H-4 harus sudah berhenti beroperasi,” ujar Bachtiar Ujang Permana, Kapolres Purwakarta, kepada LINGKAR JABAR, kemarin.

Menurut dia, larangan kendaraan berat melintasi jalur Pantura tersebut, dikhawatirkan akan menimbulkan kemacetan yang pada akhirnya menggangu arus lalu lintas. Ia pun mengaku larangan tersebut juga diberlakukan setiap tahun. Karena itu pihaknya mengingatkan, agar kendaraan besar mulai H-4 tidak beraktifitas.

Sementara, dari pantauan disejumlah titik jalur mudik wilayah Purwakarta masih terlihat lenggang dan sepi. Bahkan, titik krusial di Pertigaan Cikopo, volume kendaraan masih cukup normal dan petugas kepolisian belum terlalu sibuk mengatur lalulintas. Diprediksi kepadatan arus lalulintas akan terjadi pada malam hari.

Sedangkan di Cikopo sendiri, saat terjadi puncak arus mudik berfungsi sebagai kran pembagi arus lalulintas, baik untuk pemudik yang akan ke arah Pantura maupun pengalihan ke Jalur Tengah, Subang. "Untuk mengatur arus lalu lintas, para petugas di pertigaan Cikopo, memberlakukan sistem buka tutup (katup)," ujar Kapolres.

Musim mudik lebaran tahun ini, lanjutnya lagi, tidak terlalu ramai jika dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan kata lain, arus lalulintas tak terlalu padat. Padahal, biasanya pada H-7 volume kendaraan pemudik sudah terlihat ramai memadati ruas jalan tersebut. Namun demikian, pihaknya mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik.

Kepadatan memang sempat terjadi sejak pagi disekitaran Simpang Mutiara menuju Pantura. Namun kepadatan tersebut tidak belangsung lama dan hanya beberapa menit saja. Kalaupun terjadi peningkatan dilokasi tersebut yang sudah menjadi skema titik kemacetan, hanyalah lalulintas warga setempat yang pulang dan pergi bekerja.

Lonjakan kendaraan pemudik, kata Kapolres, diprediksi akan terjadi pada H-3. Sebabnya pada waktu tersebut, bertepatan pula dengan dimulainya hari libur lebaran di beberapa perusahaan. “Lonjakan arus mudik lebaran akan terjadi pada H-3 karena banyak perusahaan yang sudah meliburkan para karyawannya,” pungkas Bachtiar.YAS
 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger