' MCK Plus-plus, Untuk Masyarakat Kota Bogor - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » MCK Plus-plus, Untuk Masyarakat Kota Bogor

MCK Plus-plus, Untuk Masyarakat Kota Bogor

Written By dodi on Wednesday, August 8, 2012 | 8:00 AM

BOGOR (LJ) - Walikota Bogor, Diani Budiarto, diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Bogor, Aim Halim Hermana, meletakan batu pertama, pembangunan sanitasi masyarakat, berupa Mandi Cuci Kakus (MCK) yang dilengkapi dengan pengelolaan biogas kotoran manusia  berlokasi di RT 2/RW 14 Kelurahan Bondongan Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor, Selasa (7/8).

Sekdakot Bogor, Aim Halim Hermana, berharap, dukungan dan kerjasama dengan masyarakat, agar program tersebut, bisa berjalan dengan baik. "Pemerintah akan terus memberikan apresiasi terhadap kebutuhan masyarakat, terlebih yang berhubungan masalah kesehatan lingkungan," kata Aim.

Sementara  Erna Hernawati, Kepala Dinas Pengawasan Bangunan dan Pemukiman Kota Bogor, kepada LINGKAR JABAR.menatakan pembangunan MCK tersebut, dibangun di wilayah Bondongan diatas luas tanah 117 M dengan luas bangunan 7,12 x 13,5 M, yang akan dilengkapi 5 ruang kamar mandi MCK bisa menampung sekitar 200 orang. “MCK yang akan kita bangun berbeda dengan MCK-MCK lainnya, Ini adalah MCK plus–plus,“ kata Erna Hernawati.

Menurut Erna, kalau MCK biasa hanya untuk mandi, cuci, kakus, Tapi, untuk MCK plus-plus nantinya ada pengelolaan biogas hasil pengelolaan limbah kotoran manusia. “Makanya kita sebut saja MCK plus-plus-plus,“ ujarnya.

Erna menjelaskan, program pembangunan MCK plus-plus-plus digalakan oleh pemerintah karena data sanitasi menyebutkan bahwa masih ada sekitar 3,3% warga Kota Bogor yang belum memiliki fasilitas sanitasi sendiri dan melakukan aktivitas BAB di sungai, parit atau got.

Rencananya, menurut Erna, akan membangun 15 MCK di berbagai lokasi dalam kurun waktu satu tahun. Sedangkan anggarannya ditanggung oleh pemerintah pusat. ALI

 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger