' MCB Youth Dan Corner Kick Art Launching Film Cerita Tapal Batas - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » MCB Youth Dan Corner Kick Art Launching Film Cerita Tapal Batas

MCB Youth Dan Corner Kick Art Launching Film Cerita Tapal Batas

Written By dodi on Tuesday, August 7, 2012 | 8:00 AM

BOGOR (LJ)- Berkembangnya industri perfilman Indonesia di kancah nasional dan internasional telah mendorong kepemudaan MCB (MCB Youth) untuk bekerja sama dengan Corner Kick Art, melakukan launching film dokumener berjudul "Cerita Dari Tapal Batas", kemarin.

Kedua komunitas kawula muda kreatif Bogor tersebut,menggelar launching film dokumenter hasil kolaborasi dari insan-insan perfilman nasional yaitu Marcella Zalianty sebagai Executive Produsen, Ichwan Persada sebagai Produser dan disutradarai oleh Wisnu Adi. Selain terpilih sebagai nominasi film dokumenter terbaik FFI 2011 Film ini juga masuk sebagai Official Selection di ajang ALJAZEERA INTERNATIONAL DOCUMENTARY FILM FESTIVAL pada April 2011 lalu.

Bagus Karyanegara (BK) selaku pembina MCB Youth menyambut baik kegiatan ini, menurutnya kegiatan ini sebagai bentuk kreatifitas anak muda Kota Bogor. Dia mengatakan bahwa perfilman merupakan salah satu bidang yang mendapat perhatian dari MCB Youth selain bidang lainnya seperti Teknologi Informasi, Fotografi dan Jurnalistik, Komunikasi Massa, Event Organizer dll.  Lebih lanjut BK berharap MCB Youth dapat menjadi wadah anak muda Bogor dalam menggali potensi dan talentanya sehingga memiliki kepercayaan diri untuk dapat hidup mandiri kelak.

"Cerita Dari Tapal Batas" adalah sebuah film dokumenter panjang (dengan durasi 60 menit) yang memperlihatkan realitas miris yang selama ini tersembunyikan dari wajah kita. Sebuah potret kehidupan dari sejumlah orang biasa dengan segala problematikanya di sebuah kehidupan terpencil yang nyaris tak terjangkau namun masih menjadi bagian dari NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) di tuturkan oleh 3 narasumber yang menjadi tempat bercermin dari sejumlah kejadian yang selama ini jarang terungkap.

Melalui Martini (Guru SD yang harus mengajar 6 kelas sekaligus di desa Badat Lama , dusun terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia), Kusnadi (Mantri Kesehatan yang harus naik turun gunung dan keluar masuk desa demi melayani masyarakat di cakupan wilayah Kecamatan Entikong), dan Ella (korban human trafficking di Singkawang). Di sini kita menyaksikan optimisme yang besar dari mereka akan negeri tercinta , INDONESIA.  

Selain pemutaran film dokumenter "Cerita Dari Tapal Batas" (Keane Production, 2011), dalam acara ini peserta yang terdiri dari anggota komunitas film Kota Bogor, pelajar dan masyarakat umum dapat berinteraksi secara langsung dengan sang produser, Ichwan Persada, melalui mini talkshow “Who Wants To Be a Film Maker”, workshop dan coaching clinic tentang perfilman diselingi dengan pemutaran film-film indie karya komunitas film di Kota Bogor seperti  Film ‘KOST’ (Agrimovie, 2012), ‘Ibu Joko’ (C-MovArt, 2011), ‘Banjir’ (D4MN, 2011), ‘Sepi’ (Batik Polos, 2011) dan ‘Akhir’ (Corner Kick Art, 2012).ALI

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger