' Kota Bogor Dilanda Kekeringan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Kota Bogor Dilanda Kekeringan

Kota Bogor Dilanda Kekeringan

Written By dodi on Tuesday, August 7, 2012 | 8:00 AM

BOGOR (LJ) - Perkiraan Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKB) Dramaga, periode Juli-Agustus wilayah Jabodetabek memasuki musim kemarau. Hal tersebut terlihat sangat jelas di beberapa sungai dan situ yang ada di Kota Bogor, salah satunya di sungai Ciliwung dan Situ Gede, Senin (6/8) kemarin.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Dramaga, Hendri Antoro, menerangkan bahwa musim kemarau akan mencapai pucaknya pada bulan Agustus. “Berdasarkan siklus yang ada puncak musim kemarau diperkirakan akan terjadi di Agustus," ujar Hendri kepada LINGKAR JABAR.

Dibeberapa daerah musim kemarau, lanjut dia, sudah terjadi pada akhir Mei 2012. Bahkan, pada siang hari temperatur suhu di wilayah Bogor bisa mencapai 35,5 derajat Celsius. “Padahal suhu normal, untuk wilayah Bogor berkisar antara 30-32 derajat Celsius,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, berdasarkan siklus yang ada diperkirakan pada 21 Agustus hingga Oktober mendatang akan terjadi perubahan siklus, dimana gumpalan awan yang mengandung air hujan akan terlihat. “Namun intensitasnya tidak tinggi, hanya cukup untuk menyapu debu yang ada, dan untuk curah hujan yang cukup tinggi tetap akan terjadi pada Februari mendatang.”

Selain itu, kondisi tersebut juga dipengaruhi adanya tekanan rendah di timur Indonesia dan utara Australia.
 Hingga menyebabkan awan penghujan tertarik ke timur Indonesia. dan hal itu juga yang membuat sebagian timur Indonesia cenderung hujan serta mengalami banjir. “Namun, dengan tekanan rendah di timur, wilayah Jabotabek akan terkena angin cukup kencang dengan kecepatan 40-70 kilometer per jam. Sedangkan bila terjadi hujan hanya 10 milimeter per hari,” tutupnya. ALI

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger