' Korps Sukarelawan PMI Kota Bandung Siap Layani Pemudik - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Korps Sukarelawan PMI Kota Bandung Siap Layani Pemudik

Korps Sukarelawan PMI Kota Bandung Siap Layani Pemudik

Written By dodi on Tuesday, August 7, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung Ade Koesjanto mengungkapkan, PMI Kota Bandung siap turut andil memberikan pelayanan saat arus mudik dan balik hari raya Idul Fitri 2012. Sekitar 600 orang tergabung korps sukarela disiagakan guna membantu masyarakat atau pemudik yang membutuhkan pertolongan. Dikatakannya, tenaga sukarela itu akan standby atau siapsiaga mulai H-7 hingga H+3 lebaran. Relawan ini mayoritas warga berdomisili di Bandung.

"Kita punya 600 korp sukarela yang setiap saat bisa membantu kalau kita butuhkan. Tugas relawan ini berada di bawah komando PMI Bandung," ucap Ade saat ditemui wartawan di Balaikota Bandung, Senin (6/7). Korps sukarela disiagakan dan disebar di sejumlah titik rawan kecelakaan serta lokasi-lokasi objek wisata di Bandung. Namun juga tidak menutup kemungkinan membantu di luar Bandung, seperti di jalur-jalur mudik. Tentu saja, sambung dia, para relawan itu sudah paham mengenai tata cara pertolongan. "Mereka itu memiliki keterampilan saat memberikan pertolongan pertama," ujar Ade.

Dia menambahkan, jumlah kantong mayat yang tersedia di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung dipastikan tersedia selama arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri 2012. Kantong mayat disiapkan untuk mengangkut para korban kecelakaan lalu lintas. "Stok kantong mayat dijamin aman. Adalah sekitar 50 lebih kantong mayat yang disiapkan untuk mudik lebaran mendatang," jelasnya.

Dikatakannya lebih lanjut, jumlah kantong mayat bisa bertambah jika ada kejadian yang menelan banyak korban jiwa. Ade menyebutkan, pihaknya menjalin koordinasi dengan pihak lain guna penyediaan kantong mayat. "Selama ini juga PMI Bandung mendapat bantuan kantong mayat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," kata Ade.

Sementara itu, Ketua Bulan Dana PMI Kota Bandung Nani Dada Rosada menyatakan pihaknya menargetkan perolehan dana selama tiga bulan mulai 1 Agustus hingga 31 Oktober 2012 sekitar Rp990 juta. "Panitia akan menjaring dana tersebut melalui sembilan bidang di antaranya bidang pendapatan seperti sektor hiduran dan pajak reklame, bidang BUMN dan BUMD seperti pelanggan air minum, listrik dan telepon," jelas Nani.

Dalam kaitan itu, Wali Kota Bandung Dada Rosada mengatakan kegiatan bulan dana tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Dada berharap target yang sekarang bertambah sekitar seratus jutaan bisa tercapai. “Bulan dana PMI kali ini dimulai tanggal 1 Agustus bertepatan dengan bulan Ramadan dimana bulan yang penuh ibadah ini banyak orang menambah amal ibadahnya, sehingga mudah-mudahan saja target tersebut tercapai,” ujar Dada.

Dada mengakui sampai tahun ini sumber pendapatan bulan dana PMI masih pada sembilan bidang yang ditetapkan dan belum melakukan ekstensifikasi kepada bidang lainnya. Alasannya, karena pada sembilan bidang itu potensinya masih belum tergali secara optimal, meskipun setiap target yang dicanangkan memenuhi target.

"Bulan dana PMI bukan hanya menggalang potensi masyarakat, tetapi juga membangun kesadaran pentingnya melestarikan budaya gotong royong dengan senantiasa menempatkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau golongan. Harapan saya, bulan dana PMI tahun ini disertai kampanye menumbuhkan kesadaran warga untuk membiasakan hidup teratur, berolahraga, perilaku sehat lainnya dan yang tidak kalah penting adalah membangun kesadaran antisipasi terhadap situasi kedaruratan,” paparnya. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger