' Kondisi Bisnis Meningkat, Optimisme Pebisnis Kian Tinggi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Kondisi Bisnis Meningkat, Optimisme Pebisnis Kian Tinggi

Kondisi Bisnis Meningkat, Optimisme Pebisnis Kian Tinggi

Written By dodi on Wednesday, August 8, 2012 | 8:00 AM

BOGOR - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengungkapkan, kondisi bisnis di tanah air akan meningkat pada triwulan II 2012 dibandingkan triwulan I tahun yang sama. Ini dilihat dari Indeks Tendensi Bisnis (ITB). Hal ini tentu saja akan berdampak pada peningkatan pada laju di berbagai sektor perekonomian nasional.

"Indeks Tendensi Bisnis pada triwulan II 2012 mencapai 104,22," sebut Suryamin dalam keterangan persnya, awal pekan ini. Ia mengatakan, angka ITB pada triwulan I 2012 lebih kecil yakni 103,89. Angka yang lebih dari 100 berarti menandakan prospek bisnis yang bagus. "Triwulan II dibanding triwulan I lebih bagus, menurut para pengusaha," ujarnya.

ITB meningkat hampir di semua sektor perekonomian, kecuali sektor pertambangan dan penggalian yang turun dari 102,13 menjadi 92,55 pada triwulan II. Sektor keuangan, persewaan, dan jasa perusahaan turun dari 110,92 pada triwulan I menjadi 105,77. Sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan pun turun dari 117,31 menjadi 106,15 pada triwulan II 2012.

Suryamin berpendapat itu terjadi karena, salah satunya, masa panen yang sudah habis. Pada triwulan III, kata Suryamin, ITB diperkirakan akan naik menjadi 107,64. Artinya, kondisi bisnis akan terus meningkat dan tingkat optimisme pebisnis pun akan semakin tinggi. Kondisi bisnis yang baik ditaksir akan terjadi pada seluruh sektor ekonomi. "Semua sektor ekonomi pada triwulan III diperkirakan akan mengalami peningkatan kondisi bisnis," tandasnya.

ITB adalah indikator perkembangan ekonomi terkini yang datanya diperoleh dari Survei Tendensi Bisnis yang dilakukan oleh BPS bekerja sama dengan Bank Indonesia. Survei dilakukan setiap triwulan pada sekitar 2.500 perusahaan yang sedang dan besar. Yang menjadi responden adalah para pimpinan perusahaan. DOD
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger