' Kepala BNN Kab Garut: 2015, Kabupaten Garut Bebas Narkoba - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Kepala BNN Kab Garut: 2015, Kabupaten Garut Bebas Narkoba

Kepala BNN Kab Garut: 2015, Kabupaten Garut Bebas Narkoba

Written By dodi on Tuesday, August 14, 2012 | 8:00 AM


KAB. GARUT (LJ)-  Kepala Badan Narkotika Nasional Kab.Garut Agus Juanda,SH mengatakan,permasalahan narkoba semakin menjadi keprihatinan masyarakat global. Kejahatan narkoba merupakan  extraordinary crime yang harus ditangani secara luar biasa dengan mengedepankan  comman and shared responsibility. Sebagaimana Instruksi Presisen  Nomor 12 Tahun 2011 tentang  pelaksanaan  kebijakan dan strategi Nasional atau Jakstran di bidang P4GN  tahun 2011-2015.
    
“Diharapkan seluruh komponen masyarakat,bangsa dan  Negara  bertanggungjawab bersama mewujudkan Indonesia,termasuk Kabupaten Garut bebas narkoba tahun 2015,” ungkapnya pada LINGKAR JABAR  di ruang kerjanya, kemarin.
     
Kata bebas menurut Agus,disini sebagai suatu  term atau istilah sebagai wujud komitemen seluruh masyarakat dunia,Indonesia pada umumnya,juga seluruh masyarakat Kabupaten Garut pada khususnya untuk bebas dari ancaman narkoba.  
     
Seperti dikumandangkan oleh PBB (UNDCB) pada deklarasi drug free world pada tahun 1998. “Ini dilakukan sebagai kampanye menyeluruh untuk melawan peredaraan gelap narkoba yang pada waktu itu bertujuan mengurangi tanaman opium,ganja dan kokain sampai akhir 2008,” ujarnya.
   
Agus mengemukakan,kondisi  ini menyebar ke seluruh  dunia, di Amerika “ bebas narkoba” ditujukan pada penurunan jumlah anak siswa menengah atas dari penyalahgunaan narkotika jenis ganja. Sebagaimana  hasil survey BNN pusat bekerjasama  dengan pusat penelitian Universitas Indonesia pada tahun 2011,diketahui angka prevalansi penyalahgunaan narkoba di Indonesia sebesar 2,2 % dari penduduk Indonesia  berumur 10-59 tahun atau sekitar 3,8 – 4,2 juta orang. 
   
Maka kata dia,bila dibandingkan dengan hasil penelitian di tahun 2008 menunjukkan kenaikan dari 1,99 %.
Ditanya apa yang telah dilakukan BNN Garut,dia mengatakan,melakukan sosialisasi dan advokasi P4GN pada hari Kamis,24 Mei 2012 bertempat di Aula Fakultas  Fisip Universitas Garut dengan menghadirkan pembicara Kasatserse Polres Garut,Tim penyuluh BNN Garut,Ketua MUI Kab.Garut, para peserta  Madrasah Aliyah Annida,SMK Negri 1 Garut,SMAN 6 Garut,STAIM Garut,STIKES Garut,UNIGA,LSM Gerhana,SMK  AL-Halim,LSM Mitra Membangun,BEM STAIM,KOM,PMII STAIM, dengan jumlah peserta keseluruhan 53 orang,peserta laki-laki 31 orang,perempuan 22 orang.
  
Lebih lanjut Agus mengatakan,proses pemberantasan narkoba dan miras  memang selama ini kebanyakan yang tertangkap di Kabupaten Garut adalah pengguna,karena dari pengguna selalu meresahkan dan ketidaknyamanan lingkungan,selain itu dari pengguna dapat dijadikan informasi awal dalam pengungkapan kasus yang lebih besar dan sampai ke produsen pertama.
    
Maka disini peran remaja sebagai kader dapat bekerjasama dengan aparat keamanan dan pemerintahan, agar ikut terlibat dalam P4GN dan miras. Mengenai pembentukan dan pelatihan imbuhnya, diharuskan pihak instansi/badan/lembaga terkait berkoordinasi dengan BNN Garut,agar supaya ada  kesamaan persepsi dan kebersamaan dalam penyampaian masalah bahaya penyalahgunaan narkotika. 
  
Media massa,termasuk LINGKAR JABAR  masih menurut Agus, merupakan salah satu pilar yang berpotensi untuk menyebarluaskan informasi dan pengetahuan yang berimbang serta mampu merangsang pola pikir masyarakat terhadap isu-isu yang berkaitan dengan narkoba baik itu dari sisi pemberantasan,pencegahan,rehabilitasi,dan pemberdayaan masyarakat.(BDN/JUL) 
    

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger