' Kemendikbud Sudah Siapkan Pjs Rektor UI - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Kemendikbud Sudah Siapkan Pjs Rektor UI

Kemendikbud Sudah Siapkan Pjs Rektor UI

Written By dodi on Wednesday, August 8, 2012 | 8:00 AM

DEPOK - Sosok pejabat sementara (Pjs) Rektor Universitas Indonesia (UI) jelang berakhirnya masa bakti Rektor UI saat ini, Gumilar Rusliwa Somantri, sudah diputuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Namun, pihak Kemendikbud sampai saat ini masih enggan menyebutkan nama dan inisial pejabat tingkat eselon I itu sampai masa bakti Gumilar berakhir pada 14 Agustus mendatang.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, mengatakan bahwa nama calon Pjs itu akan segera dikirim ke Majelis Wali Amanah UI (MWA UI) seminggu sebelumnya. Nama itu akan dipertimbangkan dan disahkan untuk mengisi posisi Rektor UI sampai terpilih rektor definitif berikutnya pada tanggal 9 Oktober. "Insyaallah namanya dikirim ke MWA kurang dari satu minggu, karena yang akan meresmikan itu MWA," kata Mendukbud Nuh di sela rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Jakarta, Selasa (7/8).

Semua pihak dimintanya untuk mendukung proses pemilihan rektor baru agar bisa berjalan dengan lancar. Khusus menanggapi rencana demo mahasiswa yang dimotori oleh Badan Eksekutif Mahasiswa UI (BEM UI) untuk menduduki kantor rektorat UI dan menuntut Gumilar turun lebih cepat, 12 Agustus mendatang, Nuh meminta untuk membatalkan rencana tersebut. "Biarkan jalan saja, toh kurang dari satu minggu. Mahasiswa tidak usah demo, saya mohon kepada sivitas akademika antarkan proses ini dengan baik," tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-UI menyampaikan pernyataan sikap menolak keputusan Rektor yang telah memberhentikan delapan dekan dan satu kepala program pascasarjana secara sepihak, beberapa hari lalu. Penilaian buruk terhadap kinerja Rektor juga mendorong mahasiswa untuk segera mendesak Rektor UI turun dari jabatannya lebih cepat dari masa akhir jabatannya.

Surat pernyataan itu disampaikan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. Sementara itu, Dewan Guru Besar UI juga menyatakan sikap menolak keputusan Rektor UI. Melalui surat kepada Majelis Wali Amanat, Tim Transisi, Senat Akademik Universitas, dan Rektor UI pada 1 Agustus yang ditandatangani ketuanya, Biran Affandi, Dewan Guru Besar UI mendukung untuk segera mencopot Rektor UI dan mengangkat pejabat rektor. HRS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger