' Kadis ESDM Kab. Bogor : “Saya Akan Menindak Tegas Terhadap Penambangan Liar” - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Kadis ESDM Kab. Bogor : “Saya Akan Menindak Tegas Terhadap Penambangan Liar”

Kadis ESDM Kab. Bogor : “Saya Akan Menindak Tegas Terhadap Penambangan Liar”

Written By dodi on Monday, August 6, 2012 | 8:00 AM

KAB.BOGOR (LJ)-Maraknya keberadaan pernambangan liar di wilayah Kabupaten Bogor, membuat Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) harus bekerja ekstra keras. Hal itu terungkap ketika Wartawan Lingkar Jabar, Muhammad Basir berkesempatan melakukan perbincangan dengan Kepala Dinas ESDM Kabupaten Bogor, Ir. H. Koesparmanto di kantornya, belum lama ini. Berikut petikan hasil perbincangannya :

Akhir-akhir ini di wilayah Kabupaten Bogor banyak praktek tambang liar yang beroperasi, bagaimana komentarnya?
Selain kami terus berupaya mengintensifkan pengawasan kami akan terus menggencarkan penyuluhan dan pendekatan persuasif kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Bogor, khususnya kepada para pelaku penambangan liar yang masih beroperasi.

Materi penyuluhan yang disampaikan terkait dengan penambnagn liar meliputi apa saja?
Kami melakukan penyuluhan adalah dengan menginformasikan mengenai proses permohonan dan pembuatan izin pertambangan serta akibat negatif dari eksploitasi lingkungan akibat adanya pertambangan liar. Kami juga sangat  berharap masyarakat dapat berperan aktif dalam upaya pencegahan maraknya galian liar diwilayah Kabupaten Bogor.

Setelah pihak Dinas ESDM melakukan penyuluhan, akan tetapi para pelaku penambang liar tetap tidak mengindahkannya, maka apa tindakan apa yang akan diambil oleh ESDM?
Didalam menindak praktek tambang liar, khususnya galian liar pertama-tama kami akan menguji peruntukan ruangnya terlebih dahulu, jika tidak layak maka akan dikeluarkan perintah penutupan pertambangan kepada yang bersangkutan dan ditembuskan ke Satpol Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) selaku penegak Peraturan Daerah (Perda) untuk segera menindak lanjutinya.

Selanjutnya, langkah-langkah apa yang akan dilakukan oleh Dinas ESDM setelah penutupan tambang lair tersebut?
Jika tidak layak maka kami akan mengeluarkan surat perintah penutupan pertambangan kepada yang bersangkutan dan ditembuskan ke Satpol PP. Akan tapi jika peruntukannya layak dan itu menyangkut hajat hidup orang banyak maka ESDM akan memberikan pengarahan mengenai pertambangan yang ramah lingkungan dan memfasilitasi perizinan dari tambang tersebut.

Bagaimana tanggapan anda menanggapi tudingan miring terhadap Dinas ESDM terkait soal lemahnya pengawasan galian liar dilapangan?
Kami bukannya lemah dalam melakukan tugas pengawasan, akan tetapi kami masih mengalami kesuliatan atau kendala dengan keterbatasan jumlah petugas yang melakukan monitoring dan pengawasan terhadap praktek tambang liar, mengingat lokasi-lokasi tambang yang terjadi di wilayah Kabupaten Bogor sangat luas dan tempatnya terpencar-pencar
Kenapa kendala tersebut tidak segera dicarai jalan keluarnya, agar pihak ESDM bisa melakukan pengawasan secara intensif, tegas dan terukur dalam menertibkan serta menindak tegas para pelaku penambangan liar tersebut?
Jika jumlah petugas yang ada tidak mungkin cukup untuk mengcover pengawasan tambang liar di seluruh wilayah Kabupaten Bogor, maka Dinas ESDM berharap agar aparat kecamatan dan desa juga masyarakat dapat membantu Pemerintah Kabupaten Bogor untuk mengawasi dan mencegah timbulnya galian liar yang ada atau beroperasi diwilayahnya.

Harapan anda dalam menertibkan dan menindak tegas terhadap tambang liar ini bagaimana?
Kami menghimbau dan berharap kepada aparat instansi lainnya, khususnya aparat yang ada di kecamatan, desa dan masyarakat dapat ikut mengawasi dan melaporkan kepada kami jika ada aktifitas pertambangan baru di wilayahnya, karena tanpa adanya kerjasama yang baik antar aparat terkait di Kabupaten Bogor ini, maka kami tidak akan maksimal dalam menertibkan tambang liar tersebut.

Sampai sejauh mana upaya pihak Dinas ESDM dalam melakukan menertibkan tambang liar?
Sejak tahun 2008 Dinas ESDM telah berhasil menertibkan ratusan galian liar,  yang rata-rata tersebar di wilayah Kecamatan Gunung Sindur, Parung Panjang, Gunung Putri, dan Cileungsi.

Bagaimana tanggapan Bupati Bogor tentang maraknya penambangan liar yang terjadi di wilayah kabupaten Bogor?
Bahkan sebelumnya, pak Bupati Bogor Rachmat Yasin gerah melihat maraknya kasus galian liar di wilayah bumi tegar beriman yang menjadi biang keladi rusaknya lingkungan dan infrastruktur. Karena Pemerintah membangun infrastruktur untuk mempermudah akses masyarakat, tapi aktifitas penambangan liar telah merusaknya. Maka siapa saja yang terlibat didalam aktifitas penambangan liar, perintah pak Bupati harus ditindak tegas.

Jika seandainya ada petugas yang kongkalikong atau bermain mata dengan para penambnag liar, bagaimana sikap anda?
Kami akan menindak tegas jajarannya yang terbukti main mata dengan pengusaha galian liar di wilayah Kabupaten Bogor. Saya pasti akan menindak tegas anak buah  saya, jika memang yang bersangkutan terbukti melindungi atau main mata dengan pengusaha galian liar, siapapun dia dan apapun jabatannya.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger