' Jabar Cyber Province Komitmen Pemprov & Dewan Untuk Kemajuan Daerah - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Jabar Cyber Province Komitmen Pemprov & Dewan Untuk Kemajuan Daerah

Jabar Cyber Province Komitmen Pemprov & Dewan Untuk Kemajuan Daerah

Written By dodi on Wednesday, August 15, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG(LJ)- Banyaknya perguruan tinggi di Jawa Barat,hal ini merupakan anugrah karena banyak masukan yang diberikan para praktisi pendidikan terutama menyangkut teknologi informasi untuk kemajuan Provinsi Jawa Barat.Menyikapi hal tersebut Pemerintah Jawa Barat mencanangkan Jabar Cyber Province atau JCP.
   
Program Jabar Cyber Province merupakan komitmen dan agreement Pemerintah dan DPRD Provinsi Jawa Barat dalam rangka mengaplikasikan di tataran teknis mengenai keterbukaan informasi publik. Untuk mewujudkan program dalam rangka implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
    
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat H Dudi Sudradjat Abdulrachim,MT  mengatakan guna mendorong kualitas pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan manajemen pemerintahan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

"Saat ini seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebanyak 56 unit lingkup Pemprov Jabar sudah terhubung dengan layanan internet. Demikian juga dengan anggaran terkait pembangunan TIK, meningkat cukup signifikan,"katanya pada LINGKAR JABAR di kantor jalan Tamansari Bandung, kemarin.
   
Berdasarkan data jika tahun 2009 hanya Rp 3,3 miliar, menjadi Rp 7,6 miliar di tahun 2010.  Dan tahun 2011 menjadi 13,2 miliar. Diharapkan dengan penerapan TIK secara menyeluruh, kualitas dan kecepatan pelayanan kepada publik semakin memadai dan prima.
   
Menurut Dudi,pemprov Jabar terus mengupayakan perbaikan kinerja birokrasi demi meingkatnya pelayanan kepada public. Dan sangat menyadari bahwa salah satu pilar Reformasi Birokrasi adalah Perwujudan Good Governance dan clean government maka pencapaiannya dilakukan melalui implementasi e-government. Kaitan dengan ini, peran Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat besar. TIK mendukung percepatan peningkatan layanan publik dan  penyelenggaraan Manajemen Pemerintahan Daerah,
   
"Komitmen untuk mewujudkan “Jabar Cyber Provinces” atau JCP di tahun 2012 merupakan keharusan. Hal itu merupakan wujud keberpihakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada upaya mengurangi Kesenjangan Digital secara Konsisten dan berkelanjutan.

Selain itu, JCP mendukung terwujudnya Masyarakat Informasi Indonesia, pada level Provinsi Jawa Barat. Diharapkan dengan JCP, mengurangi masyarakat buta TIK menuju Masyarakat Informasi Jawa Barat. “Selain meningkatkan pelayanan, JCP mendorong pembangunan masyarakat Jawa Barat yang melek informasi,” terang pejabat yang low profil ini.
   
keterhubungan sambungan internet dengan Kabupaten/Kota, kini  telah mencakup 8 Kabupaten/kota. Khusus Pembangunan Wide Area Network (WAN) Kecamatan dalam konsep inkubator e-government sejak tahun 2008 telah diupayakan terhubung dengan penempatan unit komputer di kantor Kecamatan. Jika pada tahun 2008 baru 26 Kecamatan di 26 Kabupaten/Kota, kini meningkat menjadi 156 Kecamatan di 26 Kabupaten/Kota seluruh Jawa Barat.
  
Dalam kerangka implementasi JCP, sejak dicanangkan Tahun 2008 hingga kini sudah dilaksanakan berbagai hal berkaitan dengan 5 fokus perhatian di atas. Pada pembanguan infrastruktur jaringan TIK, bila tahun 2008 baru jaringan intranet yang semula tahun 2008 hanya 10 Mbps meningkat pesat di tahun 2010 menjadi 20 Mbps.

Kemudian, 2 Mbps Bandwidth Internet kini di tahun 2010 telah meningkat menjadi 20 Mbps dan ini akan terus ditingkatkan. Secara umum akses internet ke Kecamatan dengan Kabupaten/Kota sudah terhubung melalui anggaran APBD Kabupaten/Kota maupun anggaran Tugas Pembantuan APBN terkait Jaringan Data Kependudukan (SIAK). Pendeknya, dari 620 Kecamatan yang ada di Provinsi Jawa Barat hampir seluruhnya terhubung dengan jaringan internet,jelas mantan sekretaris Disdik Jabar ini.(FER)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger