' ISL Digelar November, Konflik PSSI Kian Panjang - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » ISL Digelar November, Konflik PSSI Kian Panjang

ISL Digelar November, Konflik PSSI Kian Panjang

Written By dodi on Friday, August 10, 2012 | 8:00 AM

BOGOR - Menyusul rencana pelaksanaan kompetisi Indonesia Super League (ISL), Ketua Komite Bersama (Joint Committee), Todung Mulya Lubis, mengaku telah dilecehkan dan memastikan untuk melaporkan Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) atau PSSI versi KLB Ancol, seandainya kompetisi ISL benar-benar digulirkan pada November mendatang. Pasalnya, hal itu tidak sejalan dengan kesepakatan antara PSSI dengan KPSI dihadapan Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) pada Juni lalu.

"Saya sebagai ketua betul-betul merasa dilecehkan oleh tindakan KPSI memulai ISL pada bulan November," jelas Ketua JC, Todung Mulya Lubis dalam keterangan persnya, Kamis (9/8). Todung sangat menyayangkannya. Hal itu karena tidak sejalan dengan kesepakatan bersama antara PSSI dan KPSI yang ditandatangani kedua belah pihak di markas AFC pada Juni lalu. KPSI-PSSI sepakat untuk secepatnya membentuk satu-satunya liga sepak bola tertinggi di Indonesia.

"Ya, itu terserah KPSI. Saya akan melaporkan ke AFC dan FIFA jika ISL bergulir. Namun, saya berharap ISL tidak bergulir. Kami berharap semua kembali ke meja perundingan," tuturnya seraya menjelaskan Komite Bersama sendiri dibentuk oleh AFC atas persetujuan FIFA. Mereka bertugas menyelesaikan konflik akut yang terjadi di tubuh PSSI.

Dengan demikian, Todung menilai bahwa KPSI telah melanggar MoU dalam upaya menyelesaikan konlik. "Buat saya ini adalah pelanggaran inti MoU antara KPSI dan PSSI. Dan JC (Joint Committee) masih mengadakan pertemuan. JC belum dibubarkan," kata pengacara senior tersebut. Todung menambahkan, pihaknya terus berupaya merancang sebuah liga profesional. Namun, lanjut Todung, kinerja JC menjadi lambat karena ia menilai KPSI sering menunda rapat.

"JC sudah menugaskan Djoko Driyono (CEO PT Liga Indonesia) dan Widjajanto (CEO PT LPIS) untuk membahas bagaimana penyatuan dua liga tersebut bisa dilaksanakan. Namun, kami masih belum mendapatkan laporan. Kita berusaha membahas, tapi rapat ditunda karena KPSI berhalangan hadir," tutur Todung. "Ada yang umrah. Saya enggak tahu namanya. Emang lambat. Saya juga sebagai ketua kesal karena mereka sendiri yang tidak bisa hadir," sambungnya.

Sebelumnya, Rabu (8/8) malam, PT Liga Indonesia mengumumkan akan menggelar kompetisi Indonesia Super League pada November 2012. "Joint Committee memiliki spirit untuk memastikan di Indonesia hanya ada satu liga dan itu komitmen. Tapi, PT Liga Indonesia (LI) sudah punya analisis dan berpendapat bahwa sulit untuk mengimplementasikan liga profesional pada musim depan. Jadi, jangan sampai mengubah regulasi secara ekstrem, karena menyulitkan orang dalam membuat perencanaan," tutur CEO PT LI, Joko Driyono, .

Menyikapi pembentukan Liga Profesional, PT LI membuat position paper yang berisi implementasi Liga Profesional Indonesia. "Kita tidak boleh kehilangan kesempatan yang diamanatkan JC untuk membuat regulasi pembentukan liga profesional," katanya seraya menambahkan PT LI tetap merekomendasikan dua kompetisi.

"PT Liga Indonesia, LPIS (PT Liga Prima Indonesia Sportindo), dan PSSI itu kepentingan sekunder. Substansi ada pada klub anggota PSSI. Biarkan klub memiliki impiannya sendiri untuk memperbaiki diri di masing-masing kompetisi, kita harus memotivasi dan memproteksi itu. Dualisme itu dijaga kemesraannya seperti pada era Galatama dan Perserikatan berjalan," tuturnya.

Joko menambahkan, mulai dari sekarang, ISL dan IPL tetap saja berjalan sampai terbentuk satu liga profesional. "PT Liga Indonesia ingin sampai dibentuknya liga profesional, kompetisi ISL dan IPL running tandem side by side sampai liga baru muncul. Walau begitu, kami membuka opsi lain untuk mendiskusikan liga profesional di dalam JC, tetapi bukan JC yang memutuskan, karena keputusan mengikat ada di Kongres PSSI," tambahnya. COK

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger