' Iis Dahlia Tak Cuma Nyanyi Dangdut, Mengaji Pun Piawai - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Iis Dahlia Tak Cuma Nyanyi Dangdut, Mengaji Pun Piawai

Iis Dahlia Tak Cuma Nyanyi Dangdut, Mengaji Pun Piawai

Written By dodi on Thursday, August 2, 2012 | 8:00 AM

Penyanyi dangdut senior, Iis Dahlia (40), ternyata memiliki bakat untuk menjadi qoriah atau pelantun ayat-ayat suci Al Quran sejak masih muda belia. Pelantun lagu "Bunga Seroja" ini pun ternyata sering mendapat penghargaan ketika menjadi qoriah. Sungguh, prestasi Iis ini tak pernah terangkat ke permukaan selama ini.

"Dapat juara, juara sekabupaten, dulu. Pokoknya, kalau lomba kan mewakili sekolah, terus sekabupaten," kenang Iis kepada wartawan infotainment belum lama ini. Alunan suara Iis ketika mengaji tak kalah indah dengan nyanyiannya. Bahkan, kemampuannya itu mendapat sanjungan dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar dalam sebuah acara di Jakarta akhir minggu lalu.

"Pak Muhaimin mah bisa-bisa aja. Ngajinya juga biasa aja. Itu bisa-bisanya Pak Muhaimin aja. Cengkoknya hampir sama kok dengan dangdut," ucapnya merendah sambil tersipu. Kemampuan mengaji diperoleh Iis sejak kecil. Ia dididik oleh orangtuanya. Ia mengaku kini sudah menurunkan kemampuannya tersebut kepada kedua anaknya.

Selain membaca ayat-ayat suci Al Quran, anak-anaknya diajarinya pula membaca terjemahannya agar bisa mengerti artinya. "Mereka (anak-anaknya) sudah pintar baca Al Quran semua. Pasti lah, kalau di rumah saya baca Al Quran sama baca terjemahannya. Saya ke anak-anak saya juga ajarin itu, biar tahu artinya," tutur istri pilot Satrio Dewandono ini.

Dalam kesempatan itu, Iis juga mengakui diinya memilih membatasi kegiatan menyanyinya selama Ramadhan. Alasannya, ia ingin lebih bisa mengawasi dan menemani kedua anaknya, Salshadila Juwita (14) dan Devano (10) dengan tidak menerima show keluar kota selama puasa.  "Kalau puasa gini saya usahain buat enggak nyanyi di luar kota, karena kan anak-anak sudah mulai puasa. Walaupun ada mbaknya yang nemenin tapi itu kan beda," ujarnya.

Diakui penyanyi kelahiran Indramayu, 39 tahun lalu itu, hal ini juga dilakukan karena anak keduanya, Devano--hasil pernikahan dengan suami keduanya, Satrio Dewandono--lebih sulit untuk diajak menyantap makanan sahur dan harus dibujuk serta ditemani oleh Iis sendiri. Inilah yang menyebabkan penyanyi dangdut itu tidak menerima job untuk program sahur karena harus terus berada di rumah.

"Anak saya yang paling kecil itu susah di suruh sahur tapi siangnya ribut laper sama haus jadi pas sahur itu saya selalu ngingetin harus makan dan minum yang banyak buat energi siangnya. Makanya saya enggak mau isi acara untuk saur karena harus di rumah" kata penyanyi dangdut yang jauh dari gosip negatif itu. DOD
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger