' Hakteknas ke 17 Ajang Pengembangan Teknologi Berbasis Ekonomi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Hakteknas ke 17 Ajang Pengembangan Teknologi Berbasis Ekonomi

Hakteknas ke 17 Ajang Pengembangan Teknologi Berbasis Ekonomi

Written By dodi on Thursday, August 9, 2012 | 8:00 AM

KOTA BANDUNG (LJ) - Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mengatakan ada enam koridor wilayah yang akan menjadi pusat iptek ekonomi, dan sekaligus sebagai alat mendukung implementasi dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Demikian dikatakannya kepada wartawan , Rabu (8/8), terkait acara helaran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke 17 yang akan berlangsung sejak Rabu (8/8) sampai Sabtu (11/8) di Bandung.

Dalam penjelasannya kepada wartawan, di Hotel Grand Royal Panghegar, Jalan Merdeka Kota Bandung, Rabu (8/8), Guti mengatakan, bahwa untuk saat ini kapasitas SDM iptek di sejumlah daerah masih terbilang sangat minim, oleh sebab itu, Kemenristek menyediakan insentif bagi lembaga yang terlibat dalam penguatan sistem inovasi ini. Bentuknya berupa bantuan program pendidikan gelar strata dua (S2) dan S3. Selain itu terdapat pula program nongelar berupa pembiayaan training atau kursus, serta beberapa tawaran progam lainnya.

Tema Hakteknas ke 17, kali ini adalah “INOVASI UNTUK KEMANDIRIAN BANGSA” tema ini di pilih agar penelitian dan pengembangan iptek lebih bertumpu pada kebutuhan riil masyarakat (demand driven). Menurut rencana, pada tanggal 10 Agustus nanti, Presiden RI menetapkan sebagai hari kebangkitan teknologi nasional melalui keppres No.71 tahun 1995,sebagai tonggak sejarah penerbangan perdana pesawat terbang N-250 gatotkaca yang di buat oleh anak-anak bangsa dari industry pesawat terbang nusantara (IPTN) yang kini menjadi PT.Dirgantara Indonesia.

Peringatan Hakteknas kali ini di pusatkan di kota Bandung yang akan di semarakan “Pameran Ritech Expo dan rangkaian workshop iptek”yang di buka secara langsung oleh menteri Negara riset dan teknologi “prof.Dr.Ir.H.Gusti Muhammad hatta MS.” pada tanggal 8-11 Agustus di sasana budaya ganesa ITB Bandung,”internasional triple helix conference”,8-10 agustus  di hotel grand royal panghegar bandung,”peresmian program pisar Airbone campaign”, 8Aagustus  di PT. dirgantara Indonesia Bandung,”karnaval kreativitas iptek”(HER/FER)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger